• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Kamis, 05/11/2015 11:11 WIB
Pengindraan Jauh Pakai Drone

Mungkin ada di antara kita yang belum akrab dengan Drone.  Pesawat tanpa awak atau istilah lainnya disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV). UAV atau Drone ini belakangan kian ramai digemari. Terlebih, karena fungsinya untuk menunjang hobi, bahkan untuk mendukung profesi.

Popularitas komunitas ini sebenarnya didahului popularitas dronenya sendiri. Ketika itu fungsi drone yang bisa mendukung beberapa pekerjaan professional dari beberapa profesi. Seperti pemetaan, pemotretan dari udara, memantau kepadatan lalu lintas dan banyak lagi. Belum lagi untuk keperluan kegemaran, seperti memotret ketika liburan dan lainnya.

“Beberapa dari kita kadang menginginkan angle pemotretan yang beda dari kebanyakan,” terang Chandri Djohan, salah anggota Komunitas Drone Jatim sekaligus anggota Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Jatim. Menurutnya alasan ini pula yang memikat banyak orang ingin memiliki drone.

Menurut Chandri, kebanyakan dari mereka mengawali bermain drone dari kegemaran akan permainan remote control, dulu yang popular Aeromadeling. Kian hari kian berkembang, seiring kemajuan jaman pun teknologinya berevolusi, hingga hadirlah drone. Ditambah lagi dengan munculnya keperluan-keperluan bidang fotografi dan videografi. “Dari sanalah kebutuhan akan alat-alat pendukungnya muncul dan melengkapi dengan sendirinya, memenuhi kebutuhan pasar,” tambahnya.

Info lengkap tentang komunitas ini bisa disimak di Majalah SCG edisi November 2015 atau bisa didownload free e-magznya di website SCG

kirim komentar