• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Kamis, 01/10/2015 12:20 WIB
Anjing Samoyed Kian Meroket

Sejak diresmikan di tahun 2014 lalu, KSI Jatim (Klub Samoyed Indonesia Jawa Timur) sudah beranggotakan 30 orang. Mereka pemilik dan pecinta anjing trah Samoyed. Di antara mereka ada yang awalnya sekedar pemilik dan pecinta Samoyed, kemudian memutuskan untuk menjadi peternak. Semua berangkat dari hobi dan keinginan meningkatkan kualitas anjing, baik untuk dijual atau dilombakan .

KSI Jatim merupakan satu komunitas Samoyed Indonesia di Jawa Timur. Awalnya Klub Samoyed Indonesia Jatim ini hanyalah perkumpulan informal. Barulah pada 3 Maret 2014, KSI Jatim mendapat persetujuan dari PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia).  Sejak itu resmi dan sebagai ketua dipegang oleh Agus Wijaksono, dari Banyuwangi.

Mungkin jenis anjing Samoyed  jarang kita dengar, Apa Sih anjing Samoyed itu? Anjing jenis samoyed ini merupakan satu dari 14 anjing ras termurni di dunia. Asalnya dari Rusia (daerah Kutub Utara), itu kenapa anjing ini berbulu tebal dan memiliki ekor yang panjang melengkung.

Anjing ini berasal dari kutub utara, sehingga dibutuhkan kondisi udara yang sesuai. Solusinya dengan membiarkan anjing ini berada di ruangan ber- AC. Hal ini sebagai upaya adaptasi agar menyerupai habitat aslinya. Namun demikian pemilik juga mengenalkan anjing ini dengan suhu udara tropis asli Indonesia. Salah satunya dengan sering dibawa berjalan-jalan.

Ingin bergabung dengan komunitas ini? Baca info lengkapnya di Majalah SCG edisi Oktober 2015 atau download e-magznya di website ini

kirim komentar