• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Sabtu, 06/12/2014 13:29 WIB
Terawang Angkasa Astronomi Surabaya

Sekira tahun 1986 sebuah klab yang memiliki keberminatan tinggi terhadap dunia astronomi di Indonesia berdiri, yaitu di Jakarta. Kehadiran komunitas ini ternyata menginspirasi lahirnya Surabaya Astronomy Club (SAC), yang resmi berdiri pada 8 September 2006.

Komunitas ini pun bergulat dengan kegiatan-kegiatan yang terus berusaha mengenalkan kepada masyarakat tentang ilmu astronomi. “Kami ingin memasyarakatkan ilmu astronomi, sekaligus mematahkan anggapan astronomi adalah ilmu yang mahal,” tegas Budi Utomo Putra, Sekjen & SAC Lunar Study and Observ, mengawali wawancara dengan Majalah SCG.

Mungkin dalam wadah lembaga pendidikan formal, tidak banyak orang yang berminat. Namun dalam wadah komunitas data menunjukkan fakta sebaliknya. Tercatat lebih dari 3.800 orang anggota seluruh Indonesia yang terdaftar pada grup Facebook. Walaupun yang aktif di wall sekitar 2.000 –an saja.

Anggota SAC Surabaya, menurut Budi, sekira 100 orang. “Namun bila ada event tertentu, kemudian melakukan pengamatan bareng gitu, yang datang bisa mencapai 300 –an orang,” jelasnya. Menurutnya kejadian-kejadian alam secara umum sudah bisa dilihat melalui aplikasi yang banyak ditawarkan melalui penyedia aplikasi ponsel.

“Salah satunya menggunakan Stellarium, melalui ini kita bisa melihat atau mengamati benda-benda angkasa hingga 100 tahun sesudah atau sebelumnya,” Budi sembari menunjukkan aplikasi itu melalui ponselnya. “Komunikasi kami terkoneksi melalui jejaring media sosial, Facebook,” tambahnya.

Lebih dalam mengenai aktivitas komunitas yang satu ini, ternyata cukup beragam. Sebut saja seperti RUSSAC (Rujakan lan Sinau bareng SAC) yang kerap digelar 3 minggu hingga sebulan sekali. Acara lainnya Safari Teleskop, yang berupa kunjungan ke kota-kota di Jawa Timur, dalam upaya sosialisasi astronomi. Dalam kesempatan ini biasanya komunitas membawa 8-10 teleskop sebagai sarana peraga. Dari Safari Teleskop ini belakangan bermunculan komunitas astronomi di kota-kota lain.

Penasaran dengan prestasi apa saja yang telah diraih komunitas ini? Info lengkapnya bisa dibaca di Majalah SCG edisi Desember. Atau dengan mengunduh versi e-magz di website ini.

kirim komentar