• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Khas Surabaya / Rabu, 13/03/2013 13:16 WIB
Tempat Puas Belanja Ikan

Makan seafood bersama keluarga memang nikmat, tinggal pilih tempat makan seafood favorit. Namun, jika Anda punya keinginan untuk mengolah sendiri, berikut beberapa alternatif tempat belanja ikan yang bisa dikunjungi.

Pasar Ikan Bandar Djakarta

Tidak hanya menikmati hidangan yang lezat, tetapi Anda bisa memanjakan mata dengan melihat aneka ikan segar yang ada di aquarium ini. Tetap dengan ciri khasnya,  yaitu berkonsep natural dan mempunyai pasar ikan sendiri. Di sini, Anda bebas memilih ikan segar sesuai keinginan. Mulai berbagai jenis ikan, udang, cumi, kepiting, sampai lobster. Jam operasional mulai pukul 11.00 – 23.00,Aquarium Fresh Market Bandar Djakarta ini tidak hanya melayani para konsumen yang ingin bersantap di sini, tetapi juga melayani konsumen yang membeli ikan segar untuk dibawa pulang. Andrew Sharief, Head fish market Bandar Jakarta mengatakan, selayaknya pasar ikan, di Aquarium Fresh Market, di sini pembeli bebas memilih, kemudian dibersihkan dan dipotong. Ada banyak varian, khusus seafood impor yang best seller, di antaranya kepiting alaska, ikan halibut dam lobster canada. Keistimewaan dari ikan halibut yang diimpor dari Korea, karena dagingnya yang lembut, badan sampai kepala cocok dibuat shasimi. Harganya Rp 70.800 per 100 gram. Kepiting Alaska dibanderol Rp 118.800 per 100 gram. Keunggulan lain, di pasar ini adalah fair price.  “Jadi langsung ditimbang di depan konsumen. Konsumen melihat langsung berapa yang dibeli, dan berapa yang harus mereka bayar. Bukan beli per-porsi, karena konsumen tidak tahu persis berapa ukuran barangnya,”jelas Andrew.

Pasar Pabean

Inilah lokasi penjualan ikan segar paling lengkap. Pasar Pabean, merupakan transit berbagai hasil laut, dan tambak dari berbagai kota. Misalnya, pasokan udang dari Sidoarjo, ikan bandeng dari Gresik, ikan gurami, dipasok dari Pasuruan dan Jombang. Sedangkan, ikan berukuran besar seperti pari, kerapu, kakap merah, pasokan ikan dari Madura. Truk dan pick up dari berbagi kota mulai berdatangan sejak siang hari. Berlokasi di Jalan Panggung, kendaraan yang lewat satu arah memadati jalan, keadaan makin semrawut dengan banyaknya kendaraan yang parkir di kanan-kiri jalan. Lokasinya  yang strategis menjadikan pasar ini sebagai pusat perdagangan sejak abad ke-15. Jika mencari udang, dorang, gurami, bandeng, mujair, kerapu, kepiting, kerang yang fresh dengan harga murah memang di sini tempatnya. Pedagangnya tidak hanya di dalam pasar, tapi meluber hingga memadati pinggir jalan. Kalau tidak mau kehabisan sebaiknya datang sore hari, kalau tidak mau keburu diborong oleh para tengkulak, atau pedagang ikan yang tersebar di berbagai pasar.

Bursa Ikan Panggang 

Pantai Kenjeran memang kaya hasil laut. Biasanya hasil laut dari sini paling banyak dikirim ke Pasar Pabean. Masyarakat daerah sini juga memanfaatkan hasil laut untuk dijadikan makanan olahan, seperti kerupuk, terasi, petis. Hasil laut ini dijajakan di pinggir jalan Kenjeran, oleh penduduk sekitar. Jika mencari ikan segar, maka lokasinya ke arah Pantai Kenjeran lama, ikan segar yang dijajakan kebanyakan adalah kakap merah, dorang, tenggiri, bahkan tak jarang ada penjual telur ikan. Masih di lokasi ini, ada satu lokasi yang menjual ikan panggang. Jenis panggangnya, adalah ikan kakap merah, tengiri, dorang dan masih banyak lagi.  Untuk mengolah ikan panggang, lebih dulu dibersihkan insangnya. Tujuannya untuk mengurangi rasa anyir dan amis. Ikan yang sudah dibersihkan ini lalu dipotong-potong dan ditusuk bambu yang ruasnya telah dihaluskan. Cara membakarnya pun sangat tradisional, menggunakan arang kulit kelapa atau bathok.

Sentra Ikan Bulak

Ikan Sentra Ikan Bulak (SIB), bisa menjadi kebanggaan warga Surabaya khususnya jika ingin berbelanja oleh-oleh aneka produk olahan laut. Terletak di Jl. Bulak Cumpat No. 1 Surabaya. Warga Surabaya maupun wisatawan yang berkunjung ke Kenjeran bisa menjadikan SIB sebagai jujugan untuk belanja oleh-oleh hasil olahan ikan dalam satu tempat yang lebih nyaman. Terdapat 212 kios yang menyuguhkan aneka kebutuhan bagi pengunjung. Lantai dasar diperuntukkan bagi pedagang hasil olahan ikan, seperti kerupuk, ikan kering, ikan asap, dan ikan segar. Sementara di lantai dua, menyuguhkan aneka makanan khas pesisir seperti lontong kupang, sate kerang, es kelapa muda, dan makanan siap saji lainnya. Posisi SIB berhadapan langsung dengan laut sehingga pengunjung bisa menikmati hidangan sambil melepas pandangan ke hamparan laut yang menawan.

Ada beberapa tips kala belanja di pasar ikan tradisional. Anda ingin tahu, simak tulisan lengkapnya di Majalah Freemagz Surabaya City Guide (SCG) Edisi Maret 2013. Atau klik di sini, dan Anda otomatis akan terkoneksi dengan majalah kami versi e-magz.

kirim komentar