• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Jumat, 03/05/2013 13:55 WIB
Soerabaja Instagram Society

Di jaman yang serba modern ini, segala aspek kehidupan kita serasa terbantu dengan hadirnya kecanggihan teknologi. Bahkan bagi penggemar dunia fotografi, kini sudah tersedia banyak aplikasi di telepon genggam, jejaring sosial, laptop, dan lainya. Sebut saja Instagram. Bagi Anda pengguna Android atau iPhone dan penggemar foto atau sekedar untuk urusan eksis, pasti tidak awam dengan aplikasi yang satu ini. Tidak hanya berbagi foto saja, Instagram, juga menawarkan snaping, editing, dan sharing.
Surabaya, salah satu kota yang memiliki komunitas yang menampung kegiatan pada aplikasi Instagram. Soerabaja Instagram Society, komunitas yang dibentuk setahun lalu, tepatnya tanggal 25 Maret 2012. Komunitas ini digagas oleh enam orang pengguna (aktif) Instagram. Komunitas ini sering bekerja sama dengan komunitas instagram di kota lain, seperti dari Malang, Jogjakarta, Solo ,dan Bandung.
Berawal dari saling memberi komentar dan like (menandai suka) pada foto-foto yang diunggah. Pada pendiri komunitas ini mencoba untuk melakukan kopi darat, walaupun awalnya mereka tidak saling mengenal satu sama yang lain. Bertempat di salah satu mall di Surabaya, akhirnya mereka membentuk komunitas Soerabaja Instagram Society ini.
“Sampai sekarang, anggota yang sudah terdaftar ada 700 -an orang, walaupun sampai detik ini masih banyak yang belum pernah kopi darat. Mereka berasal tidak hanya dari Surabaya. Dari luar Surabaya juga banyak, seperti Jakarta, Makassar, Balikpapan, Bandung ,dan Semarang,” kata Shona Vestalia, salah satu pendiri komunitas tersebut.
Shona, demikian dipanggil, bercerita juga, komunitas ini pernah membuat acara yang melibatkan komunitas luar dan cukup besar lingkupnya. Komunitas tersebut beranggotakan dari belahan dunia lain, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Filiphina, dan Australia. Kedua komunitas ini menyelenggarakan acara secara bersama-sama.
Komunitas yang bermotto Passion Driven Snapshot ini memiliki sebuah keinginan yang belum bisa tercapai. Keinginan itu adalah bisa wujudkan bersama anggota komunitas Instagram, mengikuti kegiatan car free day di kota Pahlawan ini. Padahal mereka sudah pernah mengikuti car free day di kota Malang.
Perkumpulan ini tidak mempunyai markas yang tetap untuk para anggota bertemu. Kalau bertemu kerap berpindah dari mall ke mall yang lain. Hanya untuk sekedar duduk-duduk, bertemu sesama anggota, dan minum kopi. Kegiatan lainnya yang sering dilakukan oleh komunitas ini adalah Foto walk/ foto challenge (hunting foto bersama) atau juga feature foto (sekedar sharing foto).
Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa tempat seperti di Pantai Kenjeran, Jembatan Merah, Gunung Bromo, Waduk Karang kates. Perbedaan dengan berbagi foto biasa adalah cara men-share foto tersebut, yaitu dengan memberi tanda: #Soerabaja_ig_society. Jumlahnya sampai saat ini sudah ada 17 ribu foto yang sudah diunggah.
Komunitas ini sangat terbuka bagi siapapun. Keunikan dari komunitas ini adalah benar-benar paling besar, dalam hal jumlah anggota yang berasal dari Surabaya. Komunitas ini bukan dari satu aliran seni fotografi saja. Bagi Anda yang ingin menjadi anggota dari komunitas Soerabaja Instagram Society, gampang saja. Syaratnya yang pasti harus mempunyai akun Instagram, lalu bila Anda ingin mem-posting foto, cukup menyematkan identitas komunitas ini; #Soerabaja_ig_society, pada setiap foto yang diunggah. (Cis)
 

kirim komentar

komentar

Retno

Selasa, 06/08/2013 13:32 WIB

Terkadang sosial media pun bisa berdampak positif bagi penggunanya, tergantung bagaimana dia mengesploitasinya ^_^

Terimakasih atensinya.