• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Destinasi Wisata / Kamis, 27/02/2014 09:12 WIB
Museum Loka Jala Crana

Museum Loka Jala Crana berlokasi di Morokrembangan, kompleks Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), sebelah Selatan pelabuhan Tanjung Perak. Ini adalah museum peralatan perang Angkatan Laut Indonesia, sebuah koleksi planetarium dan astronavigadium. Semula, museum ini bernama AKABRI LAUT (19 September 1969), lalu museum TNI-AL (10 Juli 1973), dan berubah lagi menjadi Museum TNI-AL Loka Jala Srana (6 Oktober 1979).

Museum ini banyak menyimpan objek bersejarah yang dimiliki serta digunakan oleh TNI AL selama revolusi fisik hingga sekarang. Antara lain meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, monumen KRI Dewa Ruci dan pertahanan udara serta benda bersejarah lain, seperti meriam kapal “HRMS DE ZEVEN PROVINSIEN.” Ada pula bangunan planetarium untuk melihat tata surya (astronomi), Bima Sakti.

Planetarium digunakan untuk melihat tata surya (astronomi), Bima Sakti. Planetarium adalah sebagai mendukung fasilitas untuk belajar bagi kadet (taruna). Dan juga mensupply pengetahuan ketika mereka melakukan suatu perjalanan di laut. Situasi dari bintang bisa menentukan posisi mereka untuk tinggal, meliputi pergantian dari waktu. Bagaimana gerakan bintang pola arah dan waktu.

Kompleks Angkatan Laut ini juga menjadi pusat Akademi TNI-AL (AAL / Indonesia Maritime Marine Military Academy) yang mendidik calon perwira TNI-AL tingkat Academy dan Commando, TNI-AL Education (sebelumnya bernama Kodikal dan sejak 12 Mei 2007 berganti nama menjadi Kobangdikal) yang mendidik kandidat Tamtama, Bintara, calon perwira dari Bintara (CAPA), dan alumni perguruan tinggi serta pendidikan lanjutan heroik. Kompleks ini lebih dikenal sebagai “Bumi Moro” Surabaya.

Museum Loka Jala Crana
Komplek Pendidikan AAL Bumimoro
Krembangan Surabaya
Telp: +62 (31) 3291092 psw 4380

kirim komentar

komentar

salsabila aurell oktavia

Sabtu, 27/09/2014 16:58 WIB

bisa ditambahkan jenis kapal perang gk..?maaf jika komentarku kurang berkenan