• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Khas Surabaya / Rabu, 06/02/2013 15:29 WIB
Merenda Asa di Kenjeran

Beda dulu, beda sekarang! Bila dulu orang berpikir panjang untuk memilih pantai Kenjeran sebagai tujuan rekreasinya.  Dulu, kompleks taman hiburan yang terletak di pantai Timur Surabaya ini menyisakan sejumlah kisah tak sedap. Mungkin sekarang sudah boleh meliriknya, kini sudah beda.

Demikian pantai Kenjeran Lama, kini terus bermake-up. “Dengan segala kemampuan yang ada kami berusaha memperbaiki fasilitas yang ada. Yang rusak-rusak kita perbaiki. Bahkan kami mampu menambah fasilitas arena voli pantai,” terang Nirwan Juda, Kepala UPTD Kenjeran (Plt). Seputar kawasan wisata Kenjeran, diulas di majalah Surabaya City Guide edisi Pebruari. Melengkapi wacana tentang kenjeran, semoga makin bangga akan kota Pahlawan.

Tidak itu saja, kawasan Kenjeran akan disentuh serius. Konon konsep theme park akan mengubah wajah Kenjeran sangat dahsyat. Entah akan seperti apa bila konsep theme park akan diterapkan di Pantai Kenjeran. Tapi yang jelas, niat Pemkot Surabaya menata Kenjeran sebagai the park sudah hampir mendekati finish. Tinggal eksekusi di lapangan.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya, mengatakan konsep theme park itu sudah disetujui. Sekarang tinggal memasukkan dalam rencana tata ruang kota Surabaya, sekaligus mengurus perijinannya. Pembangunan kawasan wisata bahari terpadu ini, rencananya, bisa dilaksanakan mulai pertengahan tahun ini. “Rencananya dalam dua tahun ke depan, tahap awal pengerjaan sudah bisa diselesaikan,” ucapnya. Konsep theme park itu akan dibangun dengan nuansa khas Surabaya.

Dalam laporan ini juga diturunkan liputan hal THP Kenjeran Lama. Di taman hiburan pantai yang satu ini, bisa dikata dari dulu fasilitasnya minimalis. Lebih pada dunia anak-anak. Fasilitas yang tersedia didominasi oleh permainan anak-anak seperti komedi putar, perosotan, jungkat-jungkit, dan lainnya. Untuk menikmati suasana di Kenjeran Lama, cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000,-.

Di taman hiburan pantai Kenjeran yang dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya ini, bisa ditemukan aneka jajanan khas Surabaya seperti, lontong kupang, sate kerang, rujak cingur, es dawet, putu, kelepon, dan masih banyak lagi. Jika ingin mencari ikan laut yang segar dan kering, kerupuk ikan, dan barang kerajinan khas pantai, kita tinggal melangkah ke kios-kios yang ada di sana. Jika beruntung, saat air pasang, kita bakal disuguhi atraksi olah raga selancar angin.

Adapula tentang Kenjeran Baru, yang lebih diarahkan pada imaji tempat wisata keluarga. Konon untuk itu, Kenpark merangkul beberapa pakar arsitektur dan psikologi keluarga, guna memoleskan citra baru di Kenpark. Di tempat ini, kemudian dibangun Kenjeran Edutainment Park (KEP), sebuah tempat yang belakangan menjadi wahana bermain dan belajar anak-anak.

Citra wisata keluarga jadi prioritas, namun tetap mempertahankan Kenpark sebagai salah satu sentra olah raga Kota Surabaya. Ragam fasilitas olah raga massal seperti pacuan kuda, drag race, motor cross, futsal tersedia. Ada pula wahana 27 Tracks, area offroad yang disediakan untuk pecinta mainan mobil yang menggunakan remote control.

Tempat yang satu ini memang menjadi andalan wisata pantai kota Surabaya. Tak hanya menyimpan keindahan pantainya. Kawasan ini juga tempat wisata lengkap. Mulai dari sentra oleh-oleh khas hasil laut, souvenir cantik dari kerang dan biota laut, satu lagi yang jangan dilewatkan yaitu pedagang ikan panggang, dan sentra kerupuk dan olahan hasil laut.  Di sini bisa dilihat langsung proses pengolahan, sampai hasil jadinya. Harganya pun sangat murah. Lebih lengkap informasi tentang 7 Pesona Kenjeran, bisa dibaca di majalah Surabaya City Guide edisi Pebruari 2013, atau bisa mengakses e-magazine di website www.surabayacityguide.co.id.

kirim komentar