• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Rabu, 03/04/2013 16:13 WIB
Knowledge Update Komunitas Bisnis

Wadah networking sekaligus continuing education melalui seminar dan workshop, konsultasi bisnis praktis yang diselenggarakan setiap bulan. Tujuan awal pendirian Petra Business Forum (PBF) adalah mendekatkan kalangan kampus dengan sektor industri. Pertama kali didirikan pada Agustus 2004. Ketika ramai-ramainya sertifikasi industri, begitu banyak kalangan industri yang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.

Melahirkan ide untuk mengorganisasikan mereka dalam sebuah wadah yang bermanfaat dan mampu memberi nilai tambah bagi kemajuan bisnisnya. Para member dan peserta selanjutnya memanfaatkan PBF sebagai wadah networking sekaligus continuing education.

Petra Business Forum adalah forum bisnis yang dibentuk oleh Fakultas Ekonomi UK Petra sebagai satu misi dari fakultas Ekonomi UKP untuk memberikan kontribusi pemikiran dan knowledge yang up to date kepada komunitas bisnis di Surabaya.

Kegiatan yang dilakukan dan mewarnai setiap pertemuan dari komunitas pebisnis ini berupa seminar dan workshop, ataupun konsultasi bisnis praktis yang diselenggarakan PBF, rutin bulanan. Tidak hanya membicarakan satu aspek, tetapi beragam aspek yang terkait langsung dengan bisnis. Diskusi seputar masalah-masalah Accounting, Finance, Taxes, Marketing, dan Human Resources Management, serta topik-topik Corporate Strategy yang up to date.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian dunia akademisi Universitas Kristen Petra terhadap perkembangan bisnis saat ini khususnya di Surabaya, dengan mengemas suatu bentuk aktivitas bersama yang mengundang pembicara-pembicara pakar dari berbagai bidang serta para praktisi bisnis, alumni maupun akademisi.

Menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat kompeten di bidangnya, tidak hanya dari lingkungan FEUK Petra sendiri, tetapi juga praktisi dari luar. Nama-nama seperti Prof.Dr. Adler Haymans Manurung, Roosniati Salihin (Deputi Director PT Bank Panin Indonesia, Tbk), Vera Lim (Director PT Bank Danamon). dr. Edhy Listiyo (Direktur Rumah Sakit Adi Husada), juga Dr. Asto Subroto, President Director MARS Indonesia, pernah menjadi pembicara dalam forum ini.

Melibatkan pula kerjasama dengan beberapa lembaga dan asosiasi, seperti Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Perbankan, bahkan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Member dan peserta PBF berasal dari industri yang beragam, seperti industri pendidikan, manufaktur makanan dan minuman, jasa tour and travel, jasa perhotelan dan mall, industry kesehatan, agen pengiriman barang domestik dan internasional, industri baja, perbankan, dan industri manufaktur, dagang dan jasa lainnya. Dengan keberagaman industri ini, para member dan peserta PBF dapat saling sharing dalam memajukan knowledge, wawasan dan strategi bisnis mereka. Forum yang bersifat terbuka ini, tidak hanya memberi fasilitas bagi member, namun juga bagi masyarakat umum.

Chairman PBF pertama kali adalah Drs. Devie, MM., Ak., RFC., CFP, AEPP., CMA., CBA, pada tahun 2004 tersebut adalah dekan Fakultas Ekonomi UK Petra. Vice chairman pertama adalah Diah Dharmayanti, SE., MSi., CPBC., CPM (Asia). Kini dekan Fakultas Ekonomi UK Petra. Berkembang selama sekitar 9 tahun berjalan, PBF berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat industri dan akademisi.

Di tahun 2013 ini PBF kembali tampil dengan paket acara workshop dan seminar dengan berbagai topik dan pembicara yang kompeten dalam setiap topik. Investasi untuk mengikuti workshop adalah Rp. 1 juta per workshop dan untuk mengikuti seminar adalah Rp. 300 ribu per seminar. Dengan menjadi member PBF, cukup berinvestasi Rp 2 juta untuk mendapatkan 2 kali workshop dengan gratis 4 kali seminar.

Investasi membership bersifat transferable, artinya jika member yang bersangkutan berhalangan hadir, dapat dialihkan ke perwakilan member tersebut. Pendaftaran dapat dilakukan melalui email pbf.petra@yahoo.co.id atau dengan menghubungi nomor 03160456485.

Foto-foto: (Ist)

kirim komentar