• Majalah SCG
Rona Kota / Senin, 08/07/2013 11:45 WIB
Pemenang Surabaya Photographyday Terima Hadiah

Acara penyerahan hadiah pemenang Surabaya Photographyday yang bertema heritage of Surabaya, diserahkan kemarin, Sabtu (06/07). Sebanyak 33 pemenang hadir, terdiri dari 3 juara utama, dan 30 juara favorit. Hadiah Juara I diberikan kepada Purwanto, Juara II diberikan pada Putu Bagiarsa, dan hadiah Juara III diterima langsung oleh Muhammad Suja’i.

Errol Jonathans, CEO Suara Surabaya Media, dalam sambutannya menyampaikan, kompetisi foto seperti ini juga membantu mendokumentasikan Surabaya. Mengingat belum banyak dokumentasi untuk Kota Surabaya sejak masa pertengahan atau peralihan. “Surabaya hanya memiliki dokumentasi zaman dahulu, dan masa kini. Jika esensi dari kompetisi ini adalah hasil akhirnya. Hasil karya peserta merupakan bagian sejarah kota Surabaya,” jelas Errol di hadapan pemenang.

Estetika dan elemen yang ada dalam foto menjadi bahan penilaian oleh para juri. Mamuk Ismuntoro, salah satu juri, mengatakan bahwa foto yang menjadi juara memiliki unsur kecerdasan dalam mengolah subjek yang kita lihat sehari-hari.  Ide bagus seperti itu sangat diapresiasi oleh para juri. “Ini bukan kontes foto indah biasa, tapi dokumentasi kota Surabaya dari tahun ke tahun yang dilakukan teman-teman fotografer. Fotografi punya arsip besar untuk kota, pendidikan, dan umum,” terang Mamuk. Acara ini juga memberi kesempatan kepada para peserta untuk melihat pameran foto yang menjadi juara. (Oca)

Foto: Bob

kirim komentar