Majalah SCG
Suroboyoan / Senin, 08/04/2013 15:27 WIB Jangan Takut Santap Seafood Sandra Januar

“Bu, jangan makan kepiting loh, ntar kolestrolnya naik...,” kata seorang anak muda memperingatkan ibunya yang hendak mencomot sepotong kepiting saus telur asin kepada ibunya yang sedang bersantap di Bandar Djakarta, Djakarta, Seafood Garden Restaurant.

Seafood Seafood Lovers, kita pasti sudah sering mendengar hal itu. Pokoknya, di benak banyak orang, seafood itu berbahaya karena mengandung kolesterol tinggi. Padahal, itu sebenarnya merupakan kesalahpahaman yang telah menyebar. Tahukah Anda jika kolesterol pada jumlah tertentu diperlukan tubuh untuk membantu menjaga selaput sel.
Ada tiga jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), dan Trigliserida. HDL biasa disebut kolesterol baik karena berfungsi salah satunyamenjaga dinding pembuluh tetap halus sehingga plak tidak lengket, sedangkan LDL disebut kolesterol jahat karena bersifat jenuh sehingga mudah menempel di pembuluh darah. Adapun trigliserida bersifat meningkatkan terbentuknya plak pada pembuluh darah yang menyebabkan peredaran darah tak lancar. Hal ini akan meningkatkan resiko penyakit stroke dan serangan jantung.
Banyak orang menghindari makanan laut karena berpikir bahwa akan meningkatkan tingkat kolesterol. Padahal, sebenarnya, Anda dapat makan makanan laut tanpa risiko tingkat kolesterol Anda secara berarti. Memang sih, seafood mengandung kolesterol, tetapi merupakan jenis kolesterol yang bermanfaat untuk Anda.
Seafood mengandung zat yang disebut marine cholesterol. Penelitian membuktikan bahwa Asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan dan makanan laut yang lain, terutama banyak terdapat pada hewan laut dalam. Tubuh menggunakan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi stroke, dan membantu perkembangan sistem saraf.
Selain itu, hewan-hewan laut juga mempunyai penangkal kolestrol tersendiri. Udang, misalnya. Kulit udang mempunyai kandungan berupa Chitosan yang dapat mengikat lemak dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui faeses. Bahkan, chitosan banyak digunakan dalam obat penurun berat badan dan suplemen diet lainnya. Apa saja ya gunanya : Udang terbukti tidak meningkatkan kolesterol Anda. Jika tingkat kolesterol Anda normal, maka kolesterol Anda akan tetap stabil. Kepiting, kandungan omega 3-nya justru berguna untuk menurunkan tingkat LDL dalam darah. Kerang dan tiram menurunkan LDL dan juga meningkatkan HDL untuk menambah kolesterol yang baik bagi tubuh. Ikan dapat meningkatkan tingkat HDL.
Nah, seafood Lovers, nikmati santapan seafood Anda senikmat mungkin.

*) Business Development Manager Bandar Djakarta