• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Khas Surabaya / Rabu, 09/01/2013 13:43 WIB
Suka Cita Perahu Galon

Pernahkah terbayang dibenak kita, bermain-main air layaknya masa kecil dulu. Kecipak air di antara derai gurau di aliran kali. Bila Anda masih terngiang kenangan itu, tak ada salahnya menikmati suguhan dari kawan-kawan Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur ini.  

Minggu (09/12) lalu, Sungai Kalimas tepatnya depan Taman Tugu Surabaya mendadak ramai. Kemeriahan itu akibat perhelatan Lomba Perahu Galon Tradisional Se- Jawa Timur 2012. Jenis olahraga tradisional cabang perairan alam terbuka ini, secara resmi dibuka tepat jam 09.00 WIB. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Rekreasi, Dispora Provinsi Jawa Timur mewakili Kepala Dispora Jawa Timur.

Sempat tertunda hampir 1 jam, dari rencana semula yang akan dibuka jam 08.00 WIB. Hujan mengguyur Surabaya sejak pukul empat pagi hingga jelang jam delapan. Tak ayal, rencana acara pun molor, termasuk kedatangan peserta juga mengalami keterlambatan. Panitia pun memberi toleransi kepada peserta yang terlambat datang, maksimal 1 jam sejak hujan reda.
Lomba perahu galon tradisional yang pertama digelar di Jawa Timur ini, diikuti tak kurang dari 55 kelompok peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan umum. Mereka berasal dari Surabaya dan beberapa kota tetangga. Terdiri dari 2 kategori lomba, Speed dan Fun. Setelah final, masing-masing kategori dipilih 4 regu sebagai juara 1, 2, 3 dan juara harapan. Memperebutkan hadiah tropi, piagam, dan uang pembinaan total 9 juta rupiah.

Menurut Wulan, panggilan akrab Kartikawulan ketua panitia, harus diakui animo masyarakat sangat besar. Tampak dari permintaan mendaftarkan diri setelah tenggat waktu pendaftaran ditutup. “Peserta untuk lomba pertama ini sengaja dibatasi, mempertimbangkan waktu pelaksanaan yang cuma sehari,” ujar Wulan. Rencananya tahun depan akan kembali digelar kegiatan serupa dengan peserta yang lebih banyak dengan waktu yang lebih lama. Tidak menutup kemungkinan, lokasi pelaksanaan lomba bisa dipilih di kota lain di Jawa Timur. Kenapa memilih Perahu Galon? Ingin membaca info lengkap, beritanya ada di majalah Surabaya City Guide edisi Januari 2013. Anda juga bisa menikmati sajian Surabaya City Guide dengan mengakses e-magazine di website ini.

kirim komentar