• Majalah SCG
Rona Kota / Kamis, 25/04/2013 16:10 WIB
Suntik Meningitis, Bekal ke Luar Negeri

Infeksi meningokokus yang menyebabkan penyakit meningitis merupakan suatu infeksi yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang, dan dapat berdampak negatif dengan sangat cepat hingga berujung kematian.

Kelompok paling rentan terinfeksi virus ini mencakup jemaah haji dan umroh, calon pelajar di luar negeri, dan wisatawan yang hendak bepergian ke wilayah-wilayah endemis seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan Selandia Baru. Penularan meningitis diantaranya melalui kontaminasi toilet, kontak badan saat meminjam barang, atau melalui pernafasan.

Dalam rangka memperingati Hari Meningitis Sedunia yang jatuh tiap 24 April, Novartis Indonesia sebagai produsen vaksin meningitis, meluncurkan kampanye cegah meningitis sebagai upasa peningkatan kesadaran masyarakat akan bahaya meningitis.

“Bagi calon jamaah haji dan umroh atau calon pelancong ke luar negeri, pencegahan meningitis bisa melalui vaksinasi minimal 10-14 hari sebelum berangkat” ujar Dr. dr Gatot Soegiarto, SpPD, KAI, FISAIM dari RSUD Dr. Soetomo

 

kirim komentar