• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Destinasi Wisata / Kamis, 31/10/2013 09:11 WIB
Museum & Perpustakaan Bank Indonesia

De Javasche Bank salah satu bank terkemuka pada zaman colonial Belanda yang didirikan di Batavia, tanggal 24 Januari 1828. Kantor pusatnya di  Batavia de Javasche Bank, cabangnya di kotakota seperti Surabaya, Yogyakarta, Solo, Cirebon, Makasar, Palembang dan Pontianak. Kantor cabang Surabaya dibuka 14 Seprtember 1829. Gedungnya di pojok Schoolplein (sekarang Jalan Garuda No.1) dan Werfstraat (sekarang Jalan Penjara).

Pada tanggal 1 Juli 1953 Bank ini berubah menjadi Bank Indonesia dan  gedung di Jalan Garuda No.1 masih dipakai sampai tahun 1973, sementara  Bank Indonesia Surabaya pindah ke Jalan Pahlawan No.105.

Dari survey arkeologi menunjukkan bangunan itu menerapkan teknologi Belanda, antara lain bagian basement (R. Khazanah) dengan pintu besi besar dan lebar, almari besi kokoh, rak besi besar dan kuat., dinding tebal berlapis beton bertulang, kaca patri sebagai jalan cahaya, kisi–kisi tembok dan atap yang kokoh. Arsitektur ini adalah perpaduan dari bangunan Kolonial, Hindu dan Jawa Centris.

Perpustakaan Bank Indonesia secara resmi dibuka oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dihadiri Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf, dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ardhayadi Mitroatmodjo, di Gedung  Mayangkara, Surabaya, Jawa Timur.

Gedung Mayangkara dulunya disebut Woning voor Agent van Javasche Bank merupakan rumah pejabat De Javasche Bank. Pada 1975-2004 gedung itu berfungsi sebagai Museum Mpu Tantular, dan telah ditetapkan oleh pemerintah kota setempat sebagai benda cagar budaya.

Perpustakaan itu  sendiri memiliki koleksi sedikitnya 17.000 buku, 11 ribu judul dimana 65 persen dari buku-buku tersebut adalah buku, jurnal dan referensi tentang ekonomi, moneter dan perbankan. Sisanya, koleksi buku untuk anak-anak, disediakan sarana bebas akses perpustakaan digital (cyber library) yang didukung 20 unit komputer, wi-fi gratis, area membaca yang nyaman dilengkapi sarana perpustakaan anak-anak, ruangan audio visual   dan juga tersedia kafe book.

Museum Bank Indonesia
Jl. Garuda No.1 Surabaya
Telp: +62 (31) 3531829
Fax: +62 (31) 3520025
Email: agus-pa@bi.go.id
beny.saputro@menaramannamulia.com
Perpustakaan Bank Indonesia
Jl. Taman Mayangkara
 

kirim komentar

komentar

Rochman L

Jumat, 08/05/2015 13:43 WIB

Salam, Saya ingin bertanya, apakah museum bank Indonesia ini dibuka untuk umum, jika iya, jadwal berkunjungnya mulai jam berapa, hari apa? terima kasih

Sujono

Senin, 23/03/2015 15:31 WIB

Terima kasih, sebagai penambah pengetahuan yang jarang sekali diliput dan diketahui oleh masyarakat umum, Pertanyaan saya: 1. untuk menuju ke sana akses angkutan apa yang bisa? 2. Apakah ada raferensi tentang uang indonesia terima kasih dan salam SCG

Terimakasih telah berkunjung ke website kami. Akses anggutan umum paling mudah adalah pilih yang ke jurusan terminal Joyoboyo (dekat KBS), karena lokasinya tak jauh dari KBS (Kebun Binatang Surabaya.