• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Destinasi Wisata / Senin, 30/09/2013 10:39 WIB
Taman Budaya Dinas Kebudayaan & Pariwisata Prov. JATIM

Nama Cak Durasim diabadikan menjadi nama gedung pertunjukan di komplek Taman Budaya Jawa Timur. Kesenian tradisional seperti Ludruk, Tari, Teater, dan Wayang kerap di gelar di sini. Sebuah bangunan tua dan termasuk cagar budaya bangunan ini berlokasi  cukup strategis di tengah kota. Bangunan ini adalah Taman Budaya. Taman Budaya Propinsi Jawa Timur diresmikan pada tanggal 20 Mei 1978 oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Daoed Joesoef.

Merupakan salah satu Taman Budaya dari 25 yang ada di Indonesia. Taman Budaya ini, sebagai sarana kegiatan, pembinaan dan pengembangan berkesenian di Jawa Timur. Di dalam area Taman Budaya ini ada sebuah gedung teater tertutup dengan mengabadikan nama Cak Durasim.

Gedung Cak Durasim, sendiri sudah dikenal masyarakat sebagai satu-satunya gedung pertunjukan di Surabaya, bahkan Jawa Timur yang banyak digunakan oleh masyarakat. Tak hanya namanya saja yang diabadikan, raut wajahnya pun dapat dilihat dari patung yang berada di depan gedung yang berlokasi di Taman Budaya ini.

Pada tahun 1930 Cak Gondo Durasim memprakarsai pembentukan kelompok ludruk Soerabia. Tahun 1932 ia aktif mempopulerkan ceritacerita legenda rakyat dalam bentuk drama. Tahun 1942 bala tentara Jepang menguasai negeri ini. Dan kesenian ludruk pun dipakai sebagai propaganda. Keberadaan Cak Durasim kala itu sangat  berpengaruh pada masyarakat melalui parikannya. Pada suatu saat Cak Durasim melatunkan parikan yang cukup melegenda : “Pegupon omahe doro, melok Nippon (Jepang) tambah soro.”

Beberapa kegiatan seni meramaikan gedung seni pertunjukan dengan luas 117.4 m2 menampung 600 penonton. Beberapa kesenian digelar di tempat ini antara lain : Ludruk, Teater, Tari, Musik. Gedung ini juga dimanfaatkan oleh siswa-siswa untuk menampilkan kreasi mereka.

UPT Taman Budaya Dinas Kebudayaan & Pariwisata Prov. JATIM
Jl. Genteng Kali No. 85 Surabaya
Telp/Fax: +62 (31) 5342128
Email: tamanbudayajatim@yahoo.co.id
 

kirim komentar