• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Jumat, 01/02/2013 13:32 WIB
Asyik Mengadu Kartu Magic

Bertemu dan larut dalam komunitas yang sedang asyik dalam permainan. Tanya dan penasaran mencuat tak terhalang. Kalau tidak salah, kartu yang mereka permainkan juga sama dengan kartu yang dipegang anak-anak sekolahan. Tapi, kenapa permainan yang dilakoni kawan-kawan komunitas Magic The Gathering tampak lebih seru.

Magic The Gathering, sering juga disebut "Magic", "MTG", atau "Kartu Magic" adalah sebuah permainan kartu yang konon diciptakan oleh Richard Garfield, pria kelahiran Philadelphia, sekira 20 tahun silam. Dari sekian jenis trading card game yang pernah ada, Magic The Gathering kini yang paling popular, dan banyak digemari. Bagi Anda yang suka dengan trading card game, maka harusnya Magic The Gathering tidak asing lagi. Wizards of the Coast Magic adalah produsen permainan yang kini mendunia ini. Permainan yang sangat populer di seluruh dunia, sampai saat ini diperkirakan ada lebih dari enam juta pemain Magic di lebih dari tujuh puluh negara. Permainan ini membutuhkan strategy dan keberuntungan di saat yang bersamaan.

Permainan kartu ini melambangkan pertarungan antara penyihir yang disebut "Duelist" atau "Planeswalker" yang masing-masing menggunakan sihir, artifak, dan monster gaib untuk mengalahkan lawannya. Konsep asli dari game ini diambil dari game RPG (role-playing game) tradisional, seperti Dungeons & Dragons. “Kartu Magic mulai booming sekira tahun 2009,” kisah Andi Kurniawan, salah pehobi yang juga penyedia kartu magic. Menurutnya, kini pengemarnya kian banyak dan dominan mahasiswa dan karyawan. Andi menggambarkan permainan kartu magic ibarat Catur, namun dengan tingkat tantangan yang lebih tinggi. Katanya, bila catur terdiri dari bidak itu saja, dalam kartu magic pemain harus pintar pintar mengelola kartu sejumlah minimal 60 helai kartu. Bahkan ada yang menggunakan ratusan kartu dalam suatu permainan.

Sekilas perjalanan trading card game (TCG), mulai dikenal sekira tahun 1990 –an. Dari tahun ke tahun TCG berkembang mulai dari tema olah raga hingga ke tema yang berjenis magic yang sekarang popular. Di rangkum dari berbagai sumber, setidaknya berikut adalah fase perjalanan TCG. Pada rentang tahun 1990–1994, popular oleh gambar baseball, basket dan beberapa jenis kartun seperti Dragonball dan Sailormoon. Pada tahun 1995 hingga 1999, popular dengan gambar Super Hero. Dan pada tahun 1996, yang popular kartu bergambar Pokemon. Di masa itu pokemon sangat digemari. Ada pendapat masa itu merupakan masa keemasan TCG, sering orang mengatakan (bagi yang paham dunia TCG) pokemon merupakan pioneer di seluruh dunia.

Pada medio 1997-2000, yang popular adalah gambar monster-monster. Para pehobi mulai menyukai sihir dan mahluk-mahluk buas yang terkesan kuat. Dari tahun 2001 hingga sekarang, belum ada perubahan yang signifikan. Jenis kartu yang mendominasi pasar kini adalah yang bergambar monster. Kartu bertema sport mulai tersingkir. TCG bisa dibilang sebuah permainan yang mempunyai dunia sendiri, walaupun bersifat universal namun secara pandangan umum tidak banyak orang yang mengetahui. MTG sebagai bagian dari TCG juga punya geliat sendiri. Di Surabaya, semula para pehobi masih tersebar dan sendiri-sendiri.

“Di Surabaya baru sekitar dua tahun terakhir menunjukkan geliatnya,” jelas Andi lagi. Walau tidak terkumpul dalam satu organisasi komunitas. Namun kehadiran 5 outlet yang menyediakan deck cukup menjadi pusat-pusat aktivitas player kartu magic. Sebab di setiap toko, biasanya tersedia meja-meja atau ruangan khusus untuk bermain. Komunitas Kartu Magic memang tampak memiliki dunia sendiri, baca kisah lanjutannya di majalah Surabaya City Guide edisi Oktober 2012, atau baca e-magz kami.

kirim komentar

komentar

ririn

Senin, 18/02/2013 13:29 WIB

untuk cp ?

Terimakasih atas kunjungannya. Anda akan menemukan no kontak Andi K. di majalah SCG versi cetak edisi bulan Oktober 2012. Atau Anda juga bisa klik di e-magz majalah SCG bulan Oktober 2012 di website ini.