• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Jumat, 02/01/2015 11:27 WIB
Para Superman Kota Pahlawan

Berdiri sejak 2004, di Jakarta. Lama-lama berkumpul para penggemarnya.  Hingga dibentuklah komunitas bagi penggemar ini untuk  berkumpul.  Sekarang sudah terbentuk di 5 kota, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, dan Surabaya termuda.

Region Surabaya, dibentuk 15 September 2014. “Usia komunitas ini memang masih muda, baru 4 bulanan. Namun saya yakin di Surabaya ini banyak penggemar Superman,” tegas Stephen Sajogo, director Superman Fans of Surabaya Region (SFoI) Surabaya. Anggota sekarang Surabaya baru 40 orang, jauh dibandingkan dengan Jakarta yang jumlahnya sudah ratusan, dan lebih beragam dari berbagai kalangan.

Menurut Stefen, sangat beruntung walau usianya paling muda namun region Surabaya adalah satu-satunya yang mempunyai markas besar. Di kantornya Graha Sayogo Building, kawasan Kedungsari Surabaya.

Sama halnya dengan kebanyakan komunitas yang lain, awalnya komunitas ini berkumpul hanya sekedar ngobrol seputar kegemarannya. Hingga kemudian mereka berpikir untuk melakukan sesuatau yang lain, yang lebih memberi arti bagi masyarakat, dan memberi arti bagi eksistensi mereka di kota ini.

“Semangat kami, ingin menjadi Superman! Superman bagi lingkungan sekitar kita,” sergah CEO Sayogo Incorporated ini. Menurutnya, eksistensi mereka harus membawa manfaat bagia semua orang di sekitar kita. “Sama halnya dengan Superman yang membantu orang tanpa pandang bulu,” tambahnya.

Cinta & Peduli
Superman asal Kota Pahlawan sadar harus memberikan arti bagi kota kelahirannya. Beberapa waktu lalu juga memperingati Hari Pahlawan, tentu saja dengan cara mereka. Ziarah ke makam Dr. Soetomo di Bubutan, dan ke makam pahlawan. Tak sekedar tabur bunga, mereka pun melakukan upacara lengkap dengan atribut Superman.

Peduli pada peringatan Hari AIDS, mereka pun turun ke perempatan jalan membagi-bagikan coklat bergambar logo Superman, dan brosur kepedulian terhadap AIDS selama 2 jam.

“Di negeri ini mengakui 5 agama, kami akan mencari masing-masing momen yang penting dan kami akan berbuat sesuatu,” ujarnya. Semangat yang ingin ditunjukkan adalah anti perbedaan dan anti SARA.

Superman Fans of Indonesia yang anggotanya seluruh Indonesia sudah lebih dari seribu, di tahun 2015 ini rencananya akan menggelar konfensi yang mengumpulkan seluruh anggota se Indonesia.

Apa saja persyaratan untuk bergabung dengan komunitas ini? Informasi lengkapnya bisa di dapat di Majalah SCG edisi Januari 2015. Bisa pula di dapatkan di website ini dengan mengunduh versi e-magz.

kirim komentar