• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Khas Surabaya / Sabtu, 29/03/2014 12:24 WIB
7 Bisnis Harum Binatu Premium

Semua berlomba menyasar pangsa kelas menengah atas. Tapi peluangnya justru kian terbuka dan meluas. Coba tanyakan kepada para pebisnis laundry di kota ini, jawabannya akan seragam: grafik keuntungan naik. Peluang bisnis ini sangat terbuka, seiring berbagai faktor perkembangan yang juga mengarah beriringan.
Sebut misalnya, gaya hidup masyarakat metropolitan yang waktunya kian sempit untuk hanya mencuci baju sendiri. Pengetahuan dan kesadaran masyarakat yang terus berkembang, membuat mereka lebih mempercayakan pakaiannya dicuci jasa laundry. Sedangkan teknologi laundry sendiri yang tidak lagi berjalan di tempat, kian memberi alternatif kepada masyarakat.
Laundry ini sebenarnya membidik sasaran kelas menengah atas. Kelas sosial yang biasanya lebih memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Dan, laundry ini sesuai dengan model kelas sosial seperti itu. Laundry ini rata-rata sudah mengarah pada penggunaan teknologi yang ramah lingkungan, yang peduli terhadap kesehatan. Mereka rata-rata sudah menawarkan sistem wet clean yang ramah lingkungan itu, meski sistem dry clean belum ditinggalkan.
Beberapa laundry yang diangkat majalah SCG kali ini, sedikit menggambarkan bagaimana laundry ini diminati, bagaimana kesadaran masyarakat terbentuk, dan bagaimana teknologi laundry berkembang dan mengarah ke sistem yang sehat dan ramah lingkungan.

Jeeves, Londons Finest Drycleaners
Semua tahu, setiap barang mahal akan menuntut perawatan mahal pula. Termasuk busana dan produk fashion, semakin berharga mahal akan membutuhkan perawatan khusus. Kecuali kita hanya memanfaatkan untuk sekali pakai.
Menjaga kepercayaan kastamer itulah yang menjadi komitmen Jeeves. Pemberi layanan binatu kelas premium ini, terbilang istimewa. Binatu ini hanya membuka 2 cabang di Indonesia, Jakarta dan Surabaya.
Keistimewaan lainnya adalah, “Kami sangat bertanggung jawab dalam pelayanan. Misalnya busana berbahan kulit mengalami lecet, maka kerusakan tersebut akan diperbaiki. Sehingga kembali bagus seperti semula,” urai Christine Chandra, Manager.

a Qualis Fabricare Laundry & Wet Cleaning
Sejak awal, aQualis Fabricare menyuguhkan jasa cuci pakaian yang tidak seperti umumnya. Jasa laundrynya tidak sekadar mencuci pakaian menjadi bersih dan wangi. Lebih dari itu, Aqualis Fabricare juga memberikan perawatan terhadap pakaian pelanggan. Kelembutan bahan tetap terjaga, warna pakaian tetap cerah tak berubah.
Diana, Owner aQualis Fabricare Surabaya, menceritakan setelah dunia laundry mengggunakan dry clean PCE dilarang, kesempatan merebut pasar semakin besar. Model wett clean yang ditawarkan selama ini makin memperoleh kepercayaan pelanggan. Wet cleaning menjanjikan perlakuan yang makin istimewa terhadap pakaian, ramah lingkungan, dan mengedepankan kesehatan.

Happy Days Surabaya
Setiap kita pasti menginginkan penampilan terbaik, baik pada saat bekerja, bertemu klien, maupun party kita. Baju yang senantiasa rapi, menorehkan kesan istimewa bagi pemakainya. Bahkan, pakaian yang bagus, mampu mendukung Anda meraih keberhasilan.
Kesan itu yang juga diyakini Happy Days Laundry & Wet Cleaning dengan mottonya dress for success. Konsepsi itu juga yang menyemangati laundry yang menempati ruko 4 lantai di HR Muhammad Square Surabaya Barat dalam membuat hari-hari Anda menjadi membahagiakan.

Green Wash Laundry & Wet Cleaning
Usaha jasa laundry terus bergeser. Lambat namun pasti, jasa laundry mengarah ke teknologi yang sehat dan ramah lingkungan. Penggunaan bahan chemical yang berbahaya bagi kesehatan, berganti memakai chemical herbal yang diproses dari tumbuh-tumbuhan yang tidak lagi membahayakan kesehatan.
Menurut hemat Sukadi, pengelola Green Wash, masyarakat selama ini mungkin tidak terlalu ambil pusing dengan teknologi laundry. Yang penting pakaiannya tercuci bersih, rapi, dan wangi. Ketika teknologi laundry berkembang dan menjanjikan keramahan dan kesehatan, masyarakat perlu mengerti.

Melia Laundry & Dry Cleaning
Gaya hidup warga Surabaya sudah tidak berbeda jauh dengan kota besar di Indonesia. Deraan jam kerja yang padat, kerap tidak memberi waktu luang untuk sekadar mencuci pakaian sendiri. Apalagi cuaca ekstrim yang tiba-tiba berubah, dari panas terik kemudian turun hujan dengan lebatnya.
Untuk urusan baju dan pakaian, misalnya, sering membuat kewalahan. Kondisi seperti ini ternyata menjadi peluang bagi jasa laundry yang bisa melayani jasa cuci pakaian kilat. Dan Melia Laundry menangkapnya sebagai peluang yang menjanjikan.

Qleen Laundry
Di tengah maraknya usaha laundry di Surabaya, Qleen Laundry menegaskan  tagline one stop laundry solution sebagai kebanggaan. Laundry yang berpusat di Raya Darmo Permai III Ruko Bavarian kav.O memiliki 3 outlet di Surabaya.
Laundry yang telah buka sejak empat tahun lalu ini menawarkan layanan laundry terlengkap dengan hasil yang berkualitas. Awal direncanakan buka usaha laundry ini, oleh Eko Boediarto, owner Qleen Laundry, ingin dikonsep sebagai laundry kiloan. Namun berkat saran seorang karyawannya yang telah berpengalaman di laundry premium, akhirnya Qleen dibuka dengan konsep laundry premium.

Green & Clean Professional Fabricare
Konsep baru layanan jasa pencucian pakaian juga ditawarkan Green & Clean Professional Fabricare. Laundry yang berlokasi di Komp Ruko Jemur Raya di Raya Jemursari Surabaya Selatan ini menjanjikan hasil yang menyeluruh untuk semua pakaian, tidak hanya bersih tapi sekaligus merawat dan menjaga kualitas pakaian Anda.
Dikatakan Michel, pemilik Green & Clean Laundry, jasa laundrynya berbeda dari usaha serupa lainnya. Green & Clean menggunakan sistem wet clean yang terkenal aman dan ramah lingkungan. Mengapa?

Bagaiaman bisnis dengan layanan istimewa ini, masing-masing melayanai kastamernya? lebih lengkap tulisannya bisa dibaca di Majalah SCG edisi April 2014, atau diunduh dalam bentuk e-magz di website www.majalahscg.com (Foto-foto: An. Kusnanto/M-Comm+Ist)

kirim komentar

komentar

Laundry Zone Gayungsari Siwalankerto Surabaya

Kamis, 11/09/2014 10:38 WIB

Ciri khas Gaya hidup metropolitan adalah praktis dan simple, begitu juga dengan gaya hidup untuk urusan baju / laundry, sekarang masyarakat perkotaan seperti Surabaya telah dimanjakan dengan makin banyaknya outlet laundry yang sangat memudahkan untuk urus