• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Rabu, 30/01/2013 16:14 WIB
Menyapa Vespa

Kemunculan komunitas, khususnya komunitas otomotif, di Surabaya bak cendawan di musim penghujan. Hampir setiap varian kendaraan muncul komunitasnya.  Tak terkecuali kendaraan Vespa, ada SBC (Scooter Bikers Club) Surabaya. Komunitas yang berdiri sejak 10 Maret 2007 ini, mempunyai semboyan “Ber- Vespa Kita Bersaudara.“
Vespa, merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari negeri pizza, Italia. Kini menjadi satu alat transportasi yang eksis di era modern, dengan harga yang relatif bersaing tetapi tetap berkualitas. Di Kota Surabaya, penggemar vespa semakin banyak yang ditandai munculnya komunitas-komunitas vespa.

Surabaya Biker Club pada awalnya berdiri mengekor setelah salah seorang penggemar vespa berniat membuka bengkel vespa, untuk kelompok vespa di Surabaya. “Mulanya sekedar ingin buka bengkel khusus Vespa, ternyata makin lama kian banyak pelanggannya maka dibentuklah komunitas,” jelas Cholis, pendiri bengkel. Berkembang dan sukses dalam bidangnya, Cholis mendirikan sebuah komunitas vespa. Dalam perjalanan, sejak berdiri lima tahun silam, komunitas ini menunjukkan perkembangan yang bagus. Penggemar yang bergabung menjadi anggota makin banyak. Tercatat sekarang telah memiliki kurang-lebih 60 orang anggota. “Komunitas kami bersifat terbuka. Siapapun bisa menjadi anggota, tanpa harus mempunyai vespa,” terang Cholis lagi.

Bermarkas di jalan Pulo Wonokromo 272 C, Surabaya, komunitas ini sering kali mengadakan acara touring bersama. Menurut mereka, dengan bertujuan memperkenalkan vespa yang semakin eksis di jaman modern sekarang. Selain itu mereka juga turut aktif dalam beberapa kegiatan. Tidak hanya touring bersama anggota sendiri, melainkan setiap tahun juga mengikuti acara kumpul bareng bersama penggemar vespa seluruh Indonesia. Biasanya diselenggarakan di berbagai kota ataupun suatu daerah. Kegiatan ini disebut dengan Jambore Vespa.

“Jambore vespa adalah ajang untuk memperkenalakan vespa dari tahun ke tahun dengan kondisi orisinal maupun kondisi terbaru dengan kelengkapan aksesoris vespanya. Selain itu dalam kegiatan Jambore banyak acara yang digelar. Ada sajian life music, lapak aksesoris yang menyediakan barangbarang kelengkapan vespa yang unik, yang antik, bahkan yang sudah langka dengan kondisi yang masih orsinil. Tidak hanya pernak-pernik vespa, scooteris juga bisa membeli baju-baju atau kaos bertema vespa atau aksesoris acara Jambore tersebut. Komunitas Vespa ternyata punya kebiasaan yang terbilang unik, penasaran kisahnya? Dapatkan majalah Surabaya City Guide di pick-up point terdekat. Anda juga bisa menikmati via online melalui sajian e-magz kami.

kirim komentar

komentar

hadi purnomo

Senin, 30/12/2013 17:29 WIB

saya sangat setuju sekali dengan adanya komunitas vespa berarti memajukan tali persaudaraan dan memperbanyak teman

yoyok vidogarment

Kamis, 25/04/2013 09:23 WIB

boleh mita alamat tempat kumpul sekaligus jam nya

Terimakasih telah berkunjung. Komunitas tersebut kumpul setiap Sabtu malam di depan Monumen Polri, di atas jam 9.00 WIB.