Majalah SCG
Suroboyoan / Senin, 14/04/2014 15:17 WIB Laundry Ramah Lingkungan Oleh : Vonny Sentosa *

Dunia makin go green. Yang menyentuh layanan publik, seperti laundry, harus pula sehat dan ramah lingkungan.


Gaya hidup warga kota Surabaya sudah kian metropolis. Waktu terasa kian sempit, sehingga untuk menunaikan tugas-tugas sederhana seperti mencuci baju pun tidak berkesempatan. Tak pelak, laundry di kota ini kian tumbuh subur.

Kita bukan membahas laundry kiloan yang di setiap sudut kota ada, di gang-gang perkampungan pun ada. Bukan. Laundry yang dimaksud adalah jasa cuci pakaian yang menyasar pasar kelas menengah atas. Secara bisnis tersistematisasi, layanannya sangat diperhatikan, kepuasan konsumen menjadi tujuan, pelanggan pun merasakan kenyamanan.

Di Surabaya, banyak laundry yang menggunakan sistem dry clean, namun banyak juga yang mengunggulkan sistem wet clean. Masing-masing memiliki keunggulan, baik dari sisi kecepatan layanan hingga teknologi ramah lingkungan yang menjanjikan kesehatan.

Akibat gaya hidup masyarakat urban yang berkembang cepat, menjadikan peluang usaha laundry semakin terbuka. Berapapun jumlah usaha laundry yang buka di kota ini, akan memiliki peluang yang besar meraih keuntungan. Akhirnya, kreatifitas yang berorientasi pada pelanggan, yang akan memenangkan peluang lebih besar.

Ada yang memilih membuka dan mengembangkan brand sendiri, ada juga yang memilih franchise dengan sistem yang sudah tertata. Dengan sistem franchise biasanya bahan atau chemical lebih mudah dijangkau dengan standarisasi yang sudah ditetapkan.

Ke depan, sebagaimana dunia laundry mendorongnya, mengarah pada pemakaian bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan dan sehat. Mulai dari bahan chemical yang digunakan hingga perlakuan terhadap berbagai jenis bahan, semua harus mendukung kepedulian akan kesehatan, baik manusia dan lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan yang diusung model wet clean ini, lambat laun juga akan mampu memberikan layanan yang sama cepat seiring perkembangan teknologinya. Semoga kepedulian kita bersama akan kesehatan, akan menjadikan kota kita lebih ramah lingkungan, dan generasi masa depan kian memiliki harapan.

*) Owner HappyDays Laundry