Majalah SCG
Suroboyoan / Senin, 03/02/2014 13:03 WIB Bugar a la Gym Surabaya Oleh : Taufiq Widyabakti, S.Pd, CPT *)

Mobilitas warga kota besar seperti Surabaya makin disibukkan dengan pekerjaan. Namun bukan berarti mereka lalai akan kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Liat saja di gym atau tempat fitness yang makin bertumbuh di Surabaya.

Pusat-pusat kebugaran di Surabaya bertumbuh makin banyak. Bukan semata tempat olahraga biasa, tapi justru ada banyak gym kelas internasional. Ini tentu menunjukkan perkembangan yang bagus. Surabaya terus tumbuh dan berkembang menjadi kota yang menarik untuk mengembangkan bisnis di bidang kebugaran ini.

Industri kebugaran yang berkembang positif ini lantas mau diapakan, tentu menjadi tantangan dan peluang baru bagi mereka yang menggeluti bidang ini. Karena sudah berkembang menjadi industri, pusat kebugaran akhirnya membuka banyak peluang bisnis; mulai dari tempat hang out yang nyaman, bisnis pendukung seperti cafe, hingga kesempatan munculnya para instruktur kebugaran.

Gym dan tempat fitness, telah berkembang menjadi tempat yang menarik bagi orang dan komunitas untuk saling bertemu dan menjalin komunikasi. Fenomenanya, bagi kalangan kelas menengah, gym dan fitness menjadi tempat untuk tidak hanya sekadar mengisi waktu luang. Pusat kebugaran justru menjadi tempat yang penting untuk berinteraksi antar komunitas, sambil tetap bisa latihan kebugaran.

Kelas menengah seperti ini kian bertumbuh di Surabaya, sehingga meski banyak pusat kebugaran, juga banyak warga kota yang menjadi pelanggannya. Manfaat lain selain kebugaran inilah yang menjadikan gym dan fitness tidak lagi menampakkan wajahnya yang klasik. Pusat kebugaran tampak kian bersolek dari aspek interiornya. Pusat kebugaran sekaligus menjadi tempat hiburan alternatif.

Faktor-faktor eksternal yang mendukung keberadaan gym dan fitness di Surabaya seperti inilah yang menjadikan pusat kebugaran kian nyaman dan menyenangkan, baik secara personal, komunitas, dan keluarga.

*) Operational Manager Atlas Sports Club Surabaya