• Majalah SCG
Rona Kota / Sabtu, 09/11/2013 11:40 WIB
RKZ Gelar Seminar Endoskopi dan Laparoskopi

Menutup rangkaian perayaan 88 tahun, RSK St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya menggelar seminar sehari dan pameran kesehatan seputar layanan unggulannya, yaitu pelayanan medis endoskopi dan laparoskopi di Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (9/11).

Dr. Sugiharto Tanto, MARS, Dirut RKZ Surabaya, menyatakan pentingnya endoskopi dalam penegakan diagnosis dan terapi penyakit saat ini adalah untuk mengatasi kasus-kasus gastroenterology seputar saluran pencernaan bagian atas sampai bawah. Seperti kelainan maag kronis, perdarahan saluran cerna, bisa dilihat lebih jelas dengan endoskopi dan langsung bisa dilakukan terapi. “Kelainan seputar organ vital seperti pankreas, juga bisa dideteksi lebih cepat dengan endoskopi,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, tindakan operasi lebih mengarah pada bedah luka minimal (minimally invasive surgery). Salah satunya penggunaan laparoskopi untuk bedah digestif. Luka sayatan operasi minimal seperti ini bisa mengurangi angka infeksi pasca bedah.

Pada usianya ke-88 tahun, RKZ menegaskan layanan unggulannya, antara lain pada dua bidang tersebut, yakni endoskopi dan laparoskopi. RKZ terus berupaya mengembangkan pelayanan kesehatan terbaik di dua bidang itu, dengan dukungan teknologi medis yang canggih.

Seminar sehari itu mendatangkan sederet pembicara dari dalam dan luar negeri, seperti Dr Ooi Boen Swee dari Singapura, dr Barlian Sutedja, SpB dari Jakarta, dan pakar gastroenterologi dan ilmu bedah dari Surabaya.
 

kirim komentar