• Majalah SCG
Kelana Kota / Kamis, 09/01/2014 13:13 WIB
Pengambilan Keputusan Dalam Bisnis

Dunia bisnis berkembang begitu cepat. Perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis juga sangat cepat, sehingga dibutuhkan perangkat kebijakan yang mampu mengantisipasi tiap detak perubahan itu. Kemampuan untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat juga menjadi niscaya bila ingin meraih peluang di masa mendatang.

Seperti dikatakan Imam Wijoyo, Chairman of IBMT International University, saat berbincang dalam program Inspirasi Solusi di Suara Surabaya, pertengahan Desember 2013 lalu, menjelaskan semakin kita menguji sebuah keputusan yang diambil, makin menguji keberadaan diri, perusahaan itu akan semakin bertumbuh. Demikian pula dan hal desicion making. Sebenarnya, setiap hari kita membuat keputusan. Pada level personal pun, kita dihadapkan pada banyak pilihan yang akhirnya memaksa kita untuk mengambil keputusan.

Pada tataran pekerjaan juga ada banyak keputusan yang kita buat setiap harinya. Baik keputusan akan hal-hal yang kecil dan remeh, hingga keputusan besar yang memengaruhi kehidupan banyak orang ke depannya. Apalagi keputusan menyangkut nasib banyak orang dalam sebuah perusahaan, sungguh sangat dibutuhkan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Dalam keseharian kita, sebenarnya ada banyak kasus yang bisa digunakan untuk berlatih membuat keputusan dengan cepat. Misal, perjalanan berkendara menuju kantor pun bisa kita manfaatkan untuk melatih diri bagaimana cara mengambil keputusan dengan cepat.

Memilih jalur tertentu untuk menghindari macet, memacu kendaraan pada kecepatan tertentu, hingga memilih jalan tikus bila terjebak macet, dan seterusnya. Semua kita putuskan dalam waktu cepat, dalam hitungan jam, bahkan menit. Artinya, semakin sering kita melatih diri dalam banyak persoalan, semakin banyak bahan latihan kita, dan semakin cepat dan cermatlah kita mengambil keputusan. Jadi jangan menghindari persoalan, karena setiap persoalan pasti ada cara penyelesaiannya.

Seperti kita tahu, dalam dunia bisnis ada begitu banyak peluang, proposal, atau ajakan kerjasama dan semacamnya, terus berkelindan tiap hari menghampiri kita. Tentu hal itu membutuhkan keputusan kita dengan cepat dan tepat, apakah akan diambil atau tidak.

Yang perlu diwaspadai ada keputusan yang sangat mempengaruhi kelanjutan kehidupan atau disebut decisive moment. Orang yang memutuskan menggunakan narkoba, akan ada dampak hingga ke depannya. Demikian pula, keputusan untuk menikah, mau punya anak, dan semacamnya. Semua itu membawa dampak berkelanjutan dalam kehidupan hingga di masa yang akan datang. Keputusan untuk menaikkan gaji, dalam suatu perusahaan, juga akan membawa dampak yang luar biasa pada struktur kinerja dan performa perusahaan.

Pengambilan keputusan, biasanya refernya kedalam diri sendiri. Tentu itu ada pengaruh dari apa yang kita percaya, pikirkan, dan apa yang mau kita lakukan. Itu semua tergantung dari visi dan misi kita tentang kehidupan ke depan seperti apa. Karena itu, biasakanlah untuk menata dan mengcollect tiap-tiap keputusan pada tiap-tiap peristiwa. Sehingga, ketika benar-benar dihadapkan pada persoalan itu, internalisasi yang sudah kita lakukan, akan mendorong kita untuk menentukan keputusan yang tepat yang mesti diambil. Dan demikian seterusnya. Jadi faktor internal juga bisa mempengaruhi model suatu pengambilan keputusan.

Selain itu, ada faktor eksternal yang bisa mempengaruhi keputusan. Dalam dunia bisnis, faktor eksternal ada dua hal. Ada faktor eksternal yang terkait dengan bisnis, dan faktor yang di luar soal bisnis. Di sebuah perusahaan, misalnya, sebuah keputusan itu perlu diikuti atau tidak, tergantung siapa yang membuat keputusan. Apakah ia memang berwenang, atau dia memang memiliki kapabilitas untuk memutuskan.

Sedangkan faktor eksternal, yang di luar bisnis, antara lain iklim usaha yang berlangsung seperti apa, makro ekonomi, tekanan dolar, dan seterusnya. Ada banyak hal di luar persoalan bisnis yang sebenarnya membawa dampak pada bisnis kita. Kalau sudah menyangkut faktor eksternal seperti ini, good will dan keputusan pemerintah yang sangat signifikan untuk menormalkan keadaan, sehingga usaha bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Bagaimana kira-kira iklim dan makro ekonomi di 2014, akan membawa dampak pada keputusan-keputusan bisnis yang kita rencanakan di tahun depan.

kirim komentar