Majalah SCG
Suroboyoan / Sabtu, 26/10/2013 12:28 WIB Sehat Itu Pilihan Kita Oleh: Hendro Hadipranoto *)

Pilihan makanan yang dikonsumsi, menentukan masa depan kita.

Kepedulian kita kini pada lingkungan, akan menentukan masa depan bumi di masa mendatang. Dengan kata lain, masa depan anak cucu kita kelak turut ditentukan oleh prilaku kita sekarang. Demikian hal kesehatan, seharusnya bisa kita wariskan. Menu-menu sehat yang kita pilih sekarang, semoga anak cucu turut menikmatinya kelak.

Bila kita tidak peduli, asal kita kenyang saja hari ini. Tidak peduli dengan nasib anak-cucu kita 20 tahun mendatang, maka bisa dibayangkan bumi ini tidak akan bersahabat lagi bagi mereka. Bagaimana bahan makanan mereka kelak?

Kami memilih sehat dengan mengkonsumsi makanan vegetarian. Membudidayakan Jamur Tiram, bersama kelompok yang sama-sama peduli terhadap lingkungan. Mensosialisasikan kepada masyarakat, melalui program CSR perusahaan.

Tidak hanya kepada masyarakat, di internal perusahaan kami sudah 4 tahun terakhir menerapkan menu vegetarian/ bebas daging. Mengganti menu makan karyawan, perlahan-lahan dikurangi dari bahan daging. Hingga dalam waktu 4 bulan kemudian bebas dari daging, sampai sekarang.

Sekian perubahan pun tampak sejak diterapkan menu-menu non daging pada menu makanan karyawan di lingkungan perusahaan. Sebut saja, data yang dicatat oleh klinik kesehatan internal, angka karyawan yang absen karena menderita sakit menurun. 600 karyawan telah merasakan manfaat, dengan menjalankan hidup lebih sehat dengan menu-menu vegetarian.

Pilihan tetap terbuka bagi seluruh masyarakat, untuk turut menentukan pilihan. Sehat dan peduli lingkungan dengan mengurangi pemicu pemanasan global. Atau sekedar sehat tapi kelak anak cucuk kita nestapa karena lingkungan tak lagi bersahabat dengan manusia.

Bila kondisi kita sakit, telah tersedia sekian rumah sakit untuk menangani derita kita. Namun alangkah bijak bila kita tidak sekedar berpikir bagaimana mengobati. Terlebih dahulu, bagaimana bila kita memikirkan sikap untuk hidup lebih sehat.

*) Direktur PT. Campina Ice Cream Industry