• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Rona Kota / Kamis, 17/10/2013 12:16 WIB
Peringatan Diabetes Sedunia waspadai Silent Killer

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FKUA), Pusat Diabetes dan Nutrisi Surabaya (PDNS), Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), bekerjasama dengan Sanofi Group Indonesia menggelar kegiatan Peringatan hari Diabetes Sedunia. Kegiatan ini sejalan dengan Peringatan Satu Abad pendidikan Kedokteran Universitas Airlangga, yang dihelat alumni FKUA Angkatan 1975.

Kegiatan tersebut  akan diselenggarakan Minggu, 20 Oktober 2013. Rangkaian kegiatan yang dimulai hari ini, berupa, jalan sehat dan senam, seminar ilmiah seputar diabetes, pemeriksaan gula darah secara cuma-cuma, penyuluhan gizi, dan pameran kesehatan, serta pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis. Agung Pranoto, Dekan FKUA sekaligus Ketua PERSADIA Cabang Surabaya menjelaskan, “Di Indonesia, diabetes merupakan salah satu satu silent killer (pembunuh diam-diam), penderita umumnya menyadarinya setelah terlambat,” di depan wartawan, Rabu kemarin.

Askandar Tjokroprawiro, Ketua Pusat Diabetes dan Nutrisi Surabaya juga memaparkan; “Pola hidup dan diet sehat sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes dan komplikasinya.” Dari paparan data, kemudian dianggap perlu pertisipasi dan kerjasama semua pihak dalam upaya mengurangi angka penderita diabetes, yang cukup tinggi. (Naskah: Dedy /Foto: Bob)
 

kirim komentar