Majalah SCG
Suroboyoan / Jumat, 27/09/2013 11:10 WIB Berqurban yang Sehat Oleh : Halim Saputra *

Pilihlah sapi yang berkualitas, agar ibadah qurban menjadi lebih sempurna.

Saat musim qurban tiba, umat muslim berlomba-lomba untuk menyedekahkan rizkinya dengan mempersembahkan hewan sembelihan, baik sapi maupun kambing. Semarak Idul Qurban pun diiringi dengan bermunculannya banyak penjual hewan qurban yang memenuhi sudut-sudut kota.

Pemandangan seperti ini sudah menjadi tradisi setiap kali menyambut sebuah momentum, termasuk Idul Adha. Kecenderungan masyarakat muslim kian meningkat dalam melakukan religi sembelih qurban. Sedikit banyak hal itu bisa dibuktikan dengan serbuan para penyedia hewan qurban di kota ini yang tambah banyak. Artinya, supply dan demand akan hewan sembelihan qurban masih sepadan dan terpenuhi.

Tinggal bagaimana masyarakat memilih hewan qurban yang baik demi sempurnanya niat. Setiap kita tentu mengharapkan hewan yang terbaik, gemuk dan sehat untuk sembelihan. Dengan begitu, daging hewan yang akan dibagikan kepada mereka yang berhak, juga akan lebih memuaskan.

Masyarakat bebas memilih untuk membeli hewan yang banyak menghiasi sudut kota ini, atau bisa juga ke lembaga-lembaga penyedia hewan qurban. Masing-masing memiliki keunggulan masing-masing. Kalau membeli kepada para penjual yang ada di sentra hewan qurban, Anda bisa memilih hewan yang diinginkan secara langsung, lebih mudah, dan bisa tawar menawar juga.

Sementara bila masyarakat mempercayakan kepada lembaga penyedia hewan qurban, juga memiliki keistimewaan sendiri. Lembaga penyedia hewan qurban, biasanya melayani secara lengkap, mulai pemilihan hingga pengiriman ke tempat pelanggan.

Hewan yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga ini, biasanya terkontrol mulai pakan, perawatan, hingga kesehatan hewan. Mereka memiliki dokter hewan sendiri, mengolah pakan ternak sendiri, dan sangat memperhatikan kesehatan hewan. Sehingga, pemesan akan mendapatkan hewan qurban yang berkualitas.

*) Manajer Umum PT Agro Fauna Kertosari