• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Kuliner / Rabu, 03/07/2013 16:01 WIB
Tengkleng Solo Sambut Ramadhan

Menyambut bulan Ramadhan, Grand Darmo Suite Hotel Surabaya menyajikan menu spesial. Sous Chef, Iwan Suryawan mengangkat masakan Jawa Tengah tempatnya berasal, yaitu Tengkleng Solo dan Wedhang Angsle. Makanan khas Solo ini berupa tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Namun chef Iwan juga menambahkan potongan daging dari bagian kepala dan rongga pipi.

Sekilas masakan ini seperti gulai kambing, namun kuah tengkleng kambing ini tidak terlalu kental. Selain itu kekuatan dari tengkleng adalah adanya rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, black pepper, pekak,  serta jahe, kunyit, dan lime untuk menghilangkan bau amis dari daging kambing.

Cara memasak tengkleng cukup mudah, daging dan tulang direbus sampai empuk kemudian rempah-rempah ditumis lalu dicampur ke dalam rebusan daging dan direbus kembali. Memasak tengkleng membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam.

Masakan yang dipercaya bisa menambah stamina ini bisa disantap dengan nasi atau lontong dan ditemani dengan wedhang angsle hangat. Seporsi tengkleng ala Grand Darmo nikmat ini ditawarkan Rp 35.000 ++  (Naskah: Oca/ Foto : Bob)

 

kirim komentar