• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Selasa, 01/10/2013 12:25 WIB
Lari, Fun Bonus Sehat

Lari, tak lagi identik dengan hukuman, seperti yang kerap dialami ketika masih di bangku sekolah. Aktivitas fisik yang tidak ringan namun menyehatkan itu, hampir semua orang bisa lakukan. Di masa kecil saja, aktivitas bermain saja selalu diwarnai dengan berlari. Jadi tidak heran bila lari menjadi gerakan universal bagi semua orang.
Beberapa manfaat berlari, mulai dari meningkatkan kesehatan tubuh. Riset membuktikan selain meningkatkan kolesterol baik, lari juga meningkatkan fungsi paru-paru. Lari juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Dengan lari, juga mampu mencegah timbulnya beberapa penyakit, seperti memperkecil resiko terkena serangan jantung. Dengan berlari efektif membakar kalori, untuk menurunkan berat badan. Atau mungkin mempertahankannya. Bahkan dengan lari, kabarnya juga mampu menghilangkan stress hingga depresi.
Beriring dengan besarnya manfaat lari, olahraga yang termasuk dalam cabang atletik ini belakangan sedang naik daun. Tampak dari kian ramainya pehobi lari, berkumpul dan membentuk komunitas lari. Sebut saja Indo Runners Regional Surabaya kini anggotanya sudah 250 –an orang.
“Anggota Indo Runners Surabaya bergabung dengan motivasi yang berbeda¬beda, ada yang menurunkan berat badan, ingin berhenti merokok, atau bosan berolahraga jenis lain,” kisah Christ Paul, koordinator Indo Runners Regional Surabaya.
Menurut Christ, komunitas ini ingin menyampaikan pesan bahwa lari bukan lagi sebagai hukuman. “Lari adalah sesuatu yang menyenangkan,” tegasnya kepada Majalah Surabaya City Guide. Komunitas terbuka yang anggotanya berasal dari berbagai profesi dan usia ini kabarnya pernah mendapat penghargaan sebagai komunitas tersehat versi majalah remaja, di Jakarta 2012 lalu.
“Siapa saja yang berminat bergabung, atau ingin lari bersama, Bisa datang langsung ke lokasi-lokasi di mana kami berkumpul sebelum memulai lari. Atau bergabung di Twitter kami @indorunners. Bisa juga dapatkan infonnya melalui Facebook di: member indo runners di Surabaya,” terang Adam Wiradyta, salah anggota komunitas.
“Kami rutin lari mingguan. Beberapa kawan ada yang berinisiatif lari seminggu tiga kali hingga dua hari sekali,” terang pria 26 tahun ini. Jadwal lari mereka meliputi Selasa dan Kamis malam. Mereka sebut Tuesday/ Thursday Night Run, start jam 8 malam mulai dari Skate Park. Dan Sunday Morning Run, start jam 6 pagi mulai dari depan apotik samping RS Darmo, Jl. Raya Darmo.
Info lengkap tentang komunitas, yang kabarnya memiliki anggota terbesar se- Indonesia ini, bisa didapat di Majalah Surabaya City Guide, edisi Oktober 2013. Bisa pula mendapatkan versi e-magz di beranda website ini.
 

kirim komentar

komentar

nenu

Senin, 09/12/2013 13:52 WIB

Mau ikutan kumpul dimana

Paling mudah datang aja ke acara Car Free Day, Minggu pagi, di sekitar taman bungkul, niscaya bertemu mereka.