• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Rona Kota / Kamis, 10/10/2013 15:19 WIB
Literacy Corner di Mall

Hari Kunjungan Perpustakaan tahun ini, masih diwarnai keluhan akan rendahnya minat baca masyarakat. Karena itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, berharap adanya Membaca Corner atau ruang baca di mall atau tempat-tempat umum lainnya. “Kami harapkan mall-mall di Jawa Timur menyediakan sedikit lahan untuk tempat membaca atau semacam membaca corner,” katanya di sela acara Gerakan Hari Kunjungan Perpustakaan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jatim, Jl Manyar Pumpungan Surabaya, Kamis (10/10).

“Lokasinya bisa dikombinasikan dengan foodcourt yang baik dan mudah dijangkau anak-anak, bukan di pojok belakang yang jauh dari jangkauan,” jelasnya. Selain di mall, Gus Ipul juga mendorong diadakannya ruang perpustakaan di tempat umum lainnya, seperti di tempat-tempat ibadah atau bila perlu balai RT dan RW di setiap kampung juga dilengkapi perpustakaan. “Jadi semua stakeholder kita ajak untuk berpartisipasi aktif untuk mendongkrak minat baca,” tuturnya. Soal pasokan buku, tambahnya, tidak perlu dirisaukan jika ruang bacanya sudah tersedia. “Buku-buku bisa di suplai dari perpustakaan nasional atau bahkan pihak-pihak swasta juga bisa turut menyumbang buku,” tandasnya.

Gerakan Hari Kunjungan Perpustakaan ini serentak akan diikuti oleh perpustakaan daerah di seluruh Jatim. Acara ini juga dimeriahkan oleh serangkaian lomba, termasuk Debat Publik Antar Mahasiswa dan Lomba Karya Ilmiah lainnya. Selain itu, juga akan ada parade mobil perpustakaan untuk memperkenalkan berbagai akses dan fasilitasnya kepada masyarakat. (Naskah: dedy/foto: anton)

kirim komentar