• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Rona Kota / Selasa, 08/10/2013 11:37 WIB
Adu Suara Ratusan Ayam Bekisar

Minggu (6/10), Paguyuban Ayam Bekisar Arek Suroboyo (PABAS) menggelar kompetisi ayam bekisar nasional untuk pertama kalinya. Kompetisi yang diadakan lapangan Bogowonto, Surabaya ini mengumpulkan peserta dari berbagai kota seperti  Surabaya, Jakarta, Jambi, Purwekerto, dan lainnya. Peserta yang mengikuti kompetisi ini berjumlah 200 peserta.

Menurut Nanang Mujiharto, ketua Penggemar Bekisar (KEMARI) pusat mengatakan bahwa penilaian dalam kompetisi ini adalah suara yang paling baik. Dikatakan baik apabila suara ayam bersih (tidak ber-vibra), nadanya panjang, dan mendengung. Penilaian juga diambil dari tebal atau tipisnya suara ayam.

PABAS menggelar acara ini dengan tujuan untuk terus berusaha menjaga kelestarian ayam bekisar. Ayam bekisar merupakan hasil persilangan antara ayam hutan jantan hijau dengan ayam kampung. Dengan hasil persilangan ini dapat menghasilkan keunikan fisik maupun suara yang berbeda dari ayam biasa. Hariadi, ketua pelaksana acara ini menambahkan bahwa ayam bekisar pernah menjadi maskot Jawa Timur di era Gubernur Soelarso. (Naskah/foto: Bob)
 

kirim komentar