• Majalah SCG
  • Majalah SCG
  • Majalah SCG
Komunitas / Jumat, 06/09/2013 16:23 WIB
Surabaya Diecast Club

Saat masa kanak-kanak, kebanyakan laki-laki pasti gemar bermain mobil-mobilan. Entah itu terbuat dari plastik atau metal. Mungkin saat kecil Anda juga sering menemui merk mainan di toko seperti HotWheels, Matchbox, Autoart, Tomica, Maisto, Jada, Rastar, atau Welly. Istilah untuk mobil mainan yang terbuat dari logam atau metal tersebut disebut Diecast. Yaitu objek yang sebagian besar body -nya terbuat dari metal campuran. Lebih luas dari sekedar mobil, diecast bisa jadi sport car, motor, truk, alat berat, hingga pesawat.

Miniatur kendaraan tersebut dibuat dengan metode die casting. Menurut referensi internet, yaitu pengecoran logam dalam sebuah cetakan. Setelah dipadukan dengan bahan lain seperti plastik atau kaca, jadilah dengan apa yang disebut diecast.

Selain anak-anak, diecast ternyata juga banyak digemari oleh orang dewasa. Penggemar diecast memang berangkat dari hobi yang sebenarnya sudah lama ada. Sampai terbentuk sebuah komunitas yang dinamakan Surabaya Diecast Club (SDC), pada tahun 2003. Namun, SDC hanya mengkhususkan pada diecast mobil dan motor. Komunitas yang berdomisili di Surabaya ini membuat grup di facebook, tahun 2009, untuk memperluas jaringan. Sekarang sudah ada seribu lebih anggota yang join di grup tersebut.

SDC mengadakan event rutin yang disebut Swap Meet atau pertemuan anggota. Mereka sharing tentang koleksi diecast, barter atau berjualan. Klub juga konsisten mengadakan Race Day atau lomba balap untuk mengenalkan diecast. Race Day menawarkan hadiah menarik seperti piala dan uang tunai. SDC menggelar lomba balap ini di mall dengan alasan tempat strategis untuk menarik khalayak.

Salah satu event yang cukup besar yaitu The 7th Race Day: Drag Race Battle di Tunjungan Plasa 2, Januari lalu. Bekerja sama dengan Toys Kingdom TP 1, lomba ini telah menyedot hingga 800 mobil kecil yang terdaftar sebagai mobil balap, dan kurang dari 50 peserta yang telah mendaftarkan. Selain itu SDC telah beberapa kali melakukan penggalangan dana untuk amal. Baik menyumbangkan diecast ataupun uang hasil lelang mainan kepada panti asuhan.

Insan Vidi Rahman, yang sudah bergabung dengan SDC sejak 4 tahun lalu mengatakan, kadang orang menilai aneh akan hobi mainan. Apalagi sampai merogoh kocek yang lumayan. Bagi Insan, kegilaannya sama dengan orang lain, hanya beda objek. Kecintaan terhadap diecast membuatnya seakan buta terhadap harga. “Hobi ini bisa dibilang mahal. Kalau kata anak-anak SDC, mending nyesel beli, daripada nyesel gak beli,” tukas Insan, disambut tawa teman-temannya.

Penggemar diecast Porsche 911 ini mengaku, bahwa dia mengkoleksi diecast favorit selama bertahun-tahun, karena memang fokus pada tipe tertentu. Ia tidak hunting sampai ke luar negeri atau lewat situs internet seperti kawan-kawannya. Cukup berburu dalam negeri saja atau barter dengan teman. Selain Porsche, dia memiliki beragam koleksi pribadi seperti volkswagen, vespa, motor gede, dan mobil mewah lain.

Miniatur kendaraan ini memiliki variasi harga mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung dari merk dan skala. Beberapa alasan lain mengapa harga diecast bisa melambung tinggi, yaitu limited edition dari pabrik. Atau diecast tersebut legendaris karena ada dalam film luar negeri. Misalnya Fast and Furious, Batman, Initial D, Speed Racer, dan sebagainya. Lalu, diecast tersebut adalah miniatur dari mobil yang banyak beredar di Indonesia. Orang Indonesia otomatis tertarik untuk membeli miniatur mobil yang dia pakai. Semakin banyak peminat, maka barang cepat habis. Akibatnya harga menjadi mahal.

Ada wadah tersendiri, tempat di mana para penggemar diecact berkumpul dan bverinteraksi. Bagaimana interaksi mereka, tips apa saja yang mereka bagi? Atau mungkin bagaimana cara bergabung dengan komunitas ini? Infonya bisa dibaca di Majalah SCG edisi September 2013, atau dengan mengakses versi e-magz di website; www.surabayacityguide.co.id ini. (Ocha /Foto: Bob)

kirim komentar

komentar

dwi lucky

Jumat, 03/07/2015 13:46 WIB

Cara bergabung di grup gmn ya ? Minta saran* masih pemula hehe

Widodo kurniawan

Minggu, 24/11/2013 21:17 WIB

Anakku senang alat2 berat... Diecast metal alat2 berat beli dimana (Surabaya) ya ? Yg kecil, kisaran 100rban.

Silahkan Anda menghubungi langsung kawan-kawan Surabaya Diecast Club, di www.surabayadiecastclub.org

ach tri hamsyah

Sabtu, 21/09/2013 21:12 WIB

trima permintaan join ke gruop Surabaya Diecast Club / invet sya ke gruop Surabaya Diecast Club

priawan

Senin, 16/09/2013 16:26 WIB

eew mas Insan terus yg kena wawancara >.< ada fotoku pula yg masih imut2nya :3

insan vidi rahman

Selasa, 10/09/2013 19:42 WIB

kerennnn (y)

Terimakasih atensinya