• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Rona Kota / Sabtu, 21/09/2013 13:08 WIB
Layanan Terpadu Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Jumlah anak berkebutuhan khusus di Surabaya mengalami kenaikan secara drastis. Data pasien ABK di RS Adi Husada Kapasari Surabaya pada 2003 hanya tercatat 30 kasus. Sementara pada 2013, sampai bulan Agustus saja jumlah itu meningkat hingga 1270 kasus.

Untuk itulah RS Adi Husada Kapasari mendirikan Kapasari Integrated Services for Children. “Ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan terbatasnya tempat layanan terpadu untuk anak yang berkebutuhan khusus, yang jumlahnya terus meningkat”  ujar Dr Josephine S Boma, MARS Direktur RS Adi Husada KIS's for Children di sela persiapan peresmian Kampus Akademi Keperawatan Adi Husada & Adi Husada KIS's for Children pada Kamis (19/9)

Program andalan dari KIS's for Children ini mereka sebut dengan Top 7, yang merupakan Layanan Sentuh Gerak, Eduterapi, Terapi Musik, Brain Gym, Terapi Wicara, Baby Spa dan Baby Class. “'Memang di rumah sakit lain sudah ada fasilitas serupa, namun di KIS's for Children, semua layanan ini saling melengkapi satu sama lainnya'' lanjut Josephine.

Diharapkan, dengan adanya layanan terpadu ini para orang tua semakin terbantu dalam mempersiapkan pertumbuhan anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus, mulai autisme, hiperaktif, down syndrome, serebral palsi dan berbagai gangguan lain.

 

kirim komentar