• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Rona Kota / Kamis, 05/09/2013 15:59 WIB
Rencana Green Building Pertama Surabaya

Universitas Kristen Petra (UKP) secara resmi memancangkan tiang pertama untuk pembangunan gedung barunya pada Kamis (5/9). Gedung yang berkonsep green building ini rencananya akan dipergunakan sebagai gedung kuliah, laboratorium, dan auditorium. Tampak, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, turut mengikuti acara ini. Dalam sambutannya Risma, mengapresiasi konsep gedung UK Petra yang rencananya berbentuk huruf V itu.

Rolly Intan, Rektor UK Petra, mengatakan pembangunan gedung baru ini sudah masuk dalam perencanaan sejak 2 tahun silam. Nantinya gedung ini akan memiliki 2 tower utama berlantai 10 dan 11. Dan auditoriumnya akan berkapasitas 2500 orang. Selain itu, menurut Rolly, gedung baru ini bukan saja milik UK Petra saja tapi diharapkan gedung ini bisa menjadi salah satu ikon baru Kota Surabaya.

Untuk memenuhi persyaratan sebagai green building, Jimmy Nurdi Kusuma Priatman, konsultan pembangunan gedung, mengatakan bahwa gedung ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Sebut saja membangun taman yang berada tepat di atas auditorium, berfungsi sebagai penahan panas untuk ruang-ruang yang ada di bawahnya. Selain itu dengan bentuk gedung menyerupai huruf V itu, nanti akan dibangun saling bersisipan satu sama lain. Dengan bentuk seperti ini diharapkan bisa menampung dan mempercepat arus angin sehingga sirkulasi udara menjadi lebih baik. Gedung-gedung miring ini juga memungkinkan penetrasi cahaya ke ruangan paling bawah (student plaza)sehingga meminimalkan penggunaan lampu.

Konon, konsep yang akan diterapkan pada bangunan ini, telah dimuat dalam sebuah majalah arsitek berskala Asia, tahun 2012 lalu. Jimmy yakin juga, gedung ini akan menjadi green building pertama di Surabaya. (Naskah/Foto: Bob)

kirim komentar