Majalah SCG
Suroboyoan / Selasa, 09/07/2013 12:41 WIB Berpuasa yang Sehat Helmy M Noor

Oleh : Helmy M Noor *)
 
Puasa adalah ibadah wajib bagi orang Islam yg sudah memenuhi syarat dan ketentuan. Puasa sangat terkait erat dengan pendidikan dan latihan dalam soal konsumsi makanan dan minuman. Alhasil puasa sangat berdampak terhadap kesehatan bagi yang melakukannya.

Sementara Surabaya adalah kota metropolitan yang tidak semua masyarakatnya beragama Islam. Karena itu, tentu bagi masyarakat yang tidak berpuasa dimohon untuk menghormati yang berpuasa.

Bagaimana caranya? Mereka yang tidak berpuasa, bisa menikmati makan di tempat yang tertutup atau tidak terlalu over expose. Bagi pebisnis kuliner yang menjajakan makanannya hendaknya memberikan tabir/penutup pada tempat jualannya, demi menghormati yang berpuasa.

Banyak pegiat kuliner yang menyiapkan menu buka puasa dan sahur adalah salah satu respon positif yang bermakna ganda. Satu sisi, bisa menjadi usaha bisnis yang prospektif yang biasanya booming saat Ramadhan. Manfaat kedua, masyarakat bisa mudah mencari aneka kuliner hingga menambahkah kekhusukan dalam berpuasa.

Hanya saja, dimohon agar pegiat kuliner tetap memberikan menu takjil dengan rasa manis dan menyegarkan, karena hal itu menjadi sunah rasul.

*) Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya