• Majalah SCG
  • Majalah SCG
Rona Kota / Jumat, 02/08/2013 11:03 WIB
Sadar Kepedulian Lewat Karikatur

Seni karikatur memang unik untuk dijadikan sebagai medium penyampai pesan. Hal ini yang mendasari Kartunis Indonesia bersama YDSF Surabaya mengadakan acara pameran kartun di Lantai UG Royal Plaza pada Kamis (1/8/2013) kemarin. Acara ini akan digelar sampai tanggal 4 Agustus nanti.

Karikatur opini yang dipamerkan rata-rata memberi gambaran tentang kurangnya kepedulian sosial terhadap orang kurang mampu. Pesan tersebut sengaja disampaikan agar para pengunjung pameran sadar akan pentingnya berbagi. “Medium kartun bisa merangkul banyak pihak, kami berharap sosialisasi kepedulian ini bisa tersampaikan dengan baik,” ujar Dian Laksana, Humas dan Media YDSF Surabaya.

Sebelumnya telah dilakukan seleksi dari 118 peserta lomba karikatur opini. Namun hanya 40 karya yang dipamerkan termasuk pemenang. Juara I dimenangkan oleh Yan Baptista Teguh dari Bekasi dengan judul Jangan Rakus Indonesia Milik Bersama. Juara II Dedy Ranggameda, Surabaya, mengangkat Pemberantasan Kemiskinan. Juara III diterima Ikhsan Dwiyono, Semarang, tentang Republik Retorika.

Hendro D. Laksono, Komunitas Kartunesia berkata “Karya dinilai dari segi visual artistik, sisi pesan, dan orisinalitas”. Hendro menambahkan, ajang yang bertajuk Terus Berbagi Asah Peduli ini sebagai aktualisasi talenta kartunis Indonesia.(Naskah: ely/ocha. Foto: Bob)

kirim komentar