• Majalah SCG
Komunitas / Rabu, 29/05/2013 10:38 WIB
Terpikat Android

Telepon genggam pintar kian banyak ragam beredar di pasaran. Mereka yang terpikat Android, berkumpul berbagi pengalaman dan solusi. Selain untuk tetap mengikat persaudaraan. Seiring merebaknya teknologi, dinamika aktivitas pun menyertai. Kelompok-kelompok atau komunitas tertentu bermunculan. Satu di antaranya adalah komunitas penggemar Android. Berkumpul secara periodik, saling berbagi pengetahuan, hingga saling unjuk kebolehan handset masing-masing.
Berangkat dari Indonesia Android Community [id-android], sebuah komunitas android dengan skala nasional, id-android-sby pun lahir. Mereka adalah para penggemar gadget, perangkat telekomunikasi yang menggunakan sistem operasi android.
Mulanya mereka bergabung dengan sesama pehobi android di milis id-android yang anggotanya kebanyakan berdomisilai di Jakarta. Bila mereka di sana bisa terkoordinir dan bergabung dalam sebuah wadah, kenapa peminat android di Surabaya tidak bisa!
“Jujur, awalnya Komunitas Android Surabaya lahir, karena rasa iri. Tapi iri positif, maksudnya kenapa para peminat android di sini tidak bergabung juga,” ungkap Bernard Jimmy Susanto, yang pertama kali menggagas berdirinya komunitas android di Surabaya, ketika itu. Menjadi wadah komunikasi penggemar android dari berbagai kota di Jawa Timur, walau namanya menggunakan Android Surabaya.
Bernard, yang juga seorang karyawan swasta itu mengisahkan, aktivitas rutin dari komunitas Android Surabaya ini menggelar ‘Miring’ (mini gathering) yang tempatnya berpindah-pindah seperti di café-café, atau rumah makan siap saji. Bila pertama kali mereka yang bergabung tak lebih dari 10 orang. Kini, jumlahnya sudah puluhan orang.
Komunitas Android Surabaya bukanlah organisasi formal dengan sekian aturan dan persyaratan. “Ini komunitas terbuka, siapa saja boleh bergabung. Termasuk tidak hanya bagi mereka yang punya handset ber-OS Android,” jelasnya. Tidak heran bila anggota mereka tampak dari berbagai kalangan, mulai pelajar, mahasiswa, hingga karyawan.
“Kalau ditanya apa aja yang dikerjakan bila berkumpul, tak lain me-ngoprek (mengotak-atik) android,” tukas Bernard. Saling berbagi solusi dalam meningkatkan performa android. Berbagi pengalaman dalam hal menjalankan aplikasi tertentu. Kata Bernard, android itu adalah akumulasi sistem yang mampu memberi aplikasi yang berbeda dibandingkan OS lainnya.
Tidak heran memang, bila android mempunyai aplikasi yang sukup banyak, selain menarik juga unik. Sebut saja seperti, google earth, google goggles, dan banyak lagi, yang mungkin tidak ada di sistem operasi lain. Beragam applikasi unik seperti itu yang kemudian dijadikan para penggemar android untuk meracuni, memikat minat orang lain untuk memiliki handset ber-android juga. “Dan itu terbukti kami sering berhasil,” sergah Bernard.
Jalinan komunikasi sesama anggota, tidak sebatas ketika mereka berkumpul di acara Miring. Tetapi di forum dunia maya, seperti milist atau chat, juga menjadi ajang bagi mereka untuk saling kontak satu sama lain. Tercatat, anggota yang bergabung ke id-android di seluruh Indonesia jumlahnya mencapai 12.000 lebih.
Minat masyarakat terhadap piranti komunikasi yang harganya kini sangat beragam itu, kian hari tidak kian surut. Selain karena daya tarik applikasi yang dapat diunduh langsung dari Play Store (penyedia layanan beragam aplikasi), juga karena handset yang terus bermunculan dengan ragam model dan fitur yang semakin menawan.
Kian pasti serangan virus pemikat android, hati-hati Anda juga bisa terpikat pesona unik android. Agar Anda tidak salah langkah dalam memutuskan memilih piranti ber-android tertentu, alangkah bijak bila menggali informasi sebanyak mungkin tentang telepon genggam pintar yang bersistem operasi besutan Google ini. Berbaur dengan komunitasnya, adalah satu caranya!
 

kirim komentar

komentar

raji prayitno

Minggu, 02/11/2014 23:12 WIB

salam kenal, saya pecinta ayam bekisar pemula.. saya mulai punya ayam bekisar baru setengah tahun yg lalu.. itupun saya beli ketika baru berusia 2 minggu.. skrg ayam bekisar saya sudah beranjak remaja.. ayam bekisar saya warna bulu nya.. abu2 & merah sem